Gus Adhi Ajak Masyarakat Terapkan 4 Pilar Di Tengah Pandemi Covid-19

(Dutabalinews.com),Anggota Badan Sosialisasi MPR RI dari Fraksi Partai Golkar A.A. Bagus Adhi Mahendra Putra,MH atau yang kerap disapa Gus Adhi mengajak masyarakat untuk menjunjung dan menerapkan Empat Pilar Kebangsaan di tengah pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.

“Empat Pilar Kebangsaan tersebut adalah Pancasila sebagai Dasar dan Ideologi Negara, UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai Bentuk Negara, dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai Semboyan Negara,” ujar Gus Adhi saat sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang sebagian besar dihadiri oleh ibu-ibu dan perangkat desa di Aula Rama Shinta Yayasan Pendidikan Ngurah Rai Kelurahan Kerobokan, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Rabu (7/7/2021) malam.

Menurut Gus Adhi yang juga Anggota Komisi II DPR RI ini, pandemi Covid-19 sebetulnya merupakan sebuah ujian bagi bangsa dan negara yang harus dihadapi dengan kebersamaan.

“Di tengah situasi seperti ini, empat pilar ini penting diterapkan. Kalau sudah banyak perbedaaan pendapat dan tidak ada yang mau mengalah, serta merasa paling paham, itu pasti jadi bumerang untuk kehidupan bernegara,” tutur politisi asal Kerobokan Badung yang juga akrab disapa Amatra.

Ia mencontohkan hal lain seperti pelaksanaan program vaksinasi. Program vaksinasi yang diharapkan menjadi gerbang untuk hidup kembali normal, menurut Amatra tidak boleh dikuasai oleh suatu kalangan atau golongan serta berkembang isu vaksin yang beredar tidak berkualitas dan bahkan membuat orang semakin sakit ataupun terkena Covid-19.

“Seperti sekarang sedang gencar program vaksinasi. Nah sila ke-5 yang merupakan  “Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia” harus dijunjung. Dahulukan masyarakat yang rentan dan pekerjaannya kerap bertemu orang banyak termasuk ibu-ibu yang berprofesi sebagai tenaga pendidik,” bebernya.

“Kemudian kalau ada yang tidak berkenan, pemerintah juga harus menerapkan musyawarah. Kenapa gak mau dan apa solusinya, kalau itu sudah diterapkan pasti tidak ada konflik terkait vaksin. PNS dan ibu-ibu tenaga pendidik perlu menjadi teladan dalam pelaksanaan vaksin bagi keluarga maupun lingkungan sekitarnya,” lanjut Amatra.

Ia mengajak masyarakat yang sudah berstatus sebagai orangtua untuk menerapkan dan mengajarkan empat pilar di lingkup terkecil, yakni rumah. Apalagi di tengah pandemi Covid-19, pembelajaran lebih banyak dilaksanakan di rumah dengan model pembelajaran jarak jauh.

Baca Juga :   Ketum BERSAMA: Tes Urine Pastikan Tingkat Perkembangan Narkoba

“Untuk ibu-ibu yang sudah punya putra-putri, ajarkan juga empat pilar di rumah. Di tengah pandemi Covid-19, orang tua punya peran lebih besar. Jangan sampai anak-anak kita sebagai pemimpin masa depan belum tahu apa itu empat pilar dan penerapannya secara sederhana seperti apa,” pungkas Amatra yang kini duduk di DPR RI untuk periode kedua. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar