Nyoman Diana Pimpin Peradah Bangli

(Dutabalinews.com), DPK Peradah Indonesia Bangli menggelar Lokasabha Tahun 2021, Sabtu (18/9). Acara digelar secara hybrid, di mana pelaksanaan luring digelar di Kantor Majelis Desa Adat (MDA) Kabupaten Bangli dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Dalam momentum evaluasi kepengurusan dan regenerasi pimpinan itu, pemuda asal Songan, Kintamani, I Nyoman Diana terpilih secara musyawarah mufakat sebagai Ketua DPK Peradah Indonesia Bangli 2021-2024 menggantikan I Ketut Eriadi Ariana (Jero Penyarikan Duuran Batur).

“Lokasabha DPK Peradah Indonesia Bangli tahun 2021 esensinya merupakan momentum mengevaluasi kinerja organisasi selama satu periode kepengurusan serta melakukan penyegaran pimpinan. Saya mengapresiasi dalam momentum ini telah tercipta kesepakatan bulat secara musyawarah mufakat. Artinya, ini sebuah bentuk kedewasaan dalam berorganisasi bahwa yang penting adalah gotong royong kami bekerja, berkontribusi mengembangkan sumber daya pemuda Bangli, bukan sekadar memikirkan struktur, strata, dan kedudukan, tapi esensi kita hadir untuk apa,” katanya.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa selama tiga tahun hadir di tengah-tengah masyarakat Bangli, jajarannya telah melakukan sejumlah program yang memang dominan ke arah literasi, pengembangan sumber daya manusia, serta sosial kemasyarakatan. Sebagai hilirisasi eksistensinya, dua buah buku juga telah diterbitkan dalam satu periode kepengurusan.

“Kami meyakini kekuatan-kekuatan kolektif akan mampu merobohkan tembok keterbatasan, termasuk hantaman pandemi Covid-19. Sebagai tarpana pustaka, di akhir kepengurusan ini kami mempersembahkan buku ‘Bangli Dulu, Kini, dan Nanti: Sebuah Refleksi, Amatan, dan Harapan Pemuda Bangli’, setelah pada 2019 juga telah menerbitkan buku antologi puisi Bali anyar ‘Puspanjali’,” katanya.

Buku tersebut adalah bukti sumbangsih pemuda Bangli dalam tataran gagasan, diharapkan dapat menjadi referensi membawa perkembangan Bangli ke depan. “Ini bukti pemuda Bangli siap berkontribusi, siap berkolaborasi dengan pemerintah. Kami tidak seperti cuaca di Bangli yang adem, tapi siap ngayah mewujudkan Bangli, Bhukti Mukti, Bhakti,” tandasnya.

Ketua DPP Peradah Bali, KA Widiantara menambahkan, saat ini generasi muda mengalami dinamika dan tantangan luar biasa. Pergerakan anak muda di Bali masih belum terkaderisasi dengan baik, sehingga hal ini hendaknya menjadi pikiran bersama seluruh elemen pemuda.

Baca Juga :   Update Penanggulangan Covid-19 di Bali: Sembuh Bertambah 267, Positif 577

“Apa yang dilakukan DPK Peradah Bangli ini luar biasa, mesti diapresiasi dengan baik, sangat konsen ke literasi sebagai pondasi membangun masa depan bangsa. Harapannya ini bisa dilanjutkan ke kepengurusan selanjutnya,” kata dia.

Terkait capaian kinerja DPK Peradah Indonesia Bangli, Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar juga menyatakan apresiasianya. Ia mengaku gembira terhadap capaian dari DPK Peradah Indonesia Bangli. “Ini luar biasa, utamanya dalam kaitannya dengan literasi,” katanya.

Pihaknya sangat mengharapkan peran serta pemuda Bangli dalam pembangunan daerah, selayaknya yang dimanifestasikan oleh DPK Peradah Indonesia Bangli. “Ini merupakan potensi yang bagus, selain untuk membangun daerah dan menguatkan agama, karya pemuda ini juga dapat mengantisipasi hal negatif maupun konflik,” kata dia.

Politisi asal Desa Belantih, Kintamani ini mengajak seluruh elemen masyarakat Bangli menghilangkan stigma Bangli sebagai kabupaten miskin. Bangli adalah mandala bagi Bali yang memiliki peran sentral bagi kehidupan Bali. “Harus dibangun kesadaran ini, bahwa Bangli padma bhuwananya Bali. Mentalitas ini yang harus terus ditumbuhkan untuk membangun daerah,” kata dia. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar