Pendidikan & Olahraga

Ari Dwipayana: Perguruan Tinggi Harus Berkontribusi kepada Masyarakat

(Dutabalinews.com), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berkeinginan untuk menjadi trendsetter dan international reputable university. Hal ini terus dikampanyekan kepada civitas akademika, salah satunya melalui kuliah umum, Senin (15/11/2021). Acara yang berlangsung secara luring dan daring ini menghadirkan Koordinator Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Dr. Anak Agung Gde Ngurah Ari Dwipayana sebagai pembicara.

Ari Dwipayana mengatakan untuk menjadi trend setter dan internasional reputable university, yang dilakukan perguruan tinggi tidak hanya dengan mengundang mahasiswa asing. Lebih dari itu perlu memperbanyak interaksi akademis dengan dunia luar. Interaksi tersebut dapat melalui perluasan kerjasama dalam pengembangan dan peningkatan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Hal lainnya yang juga bisa dilakukan adalah melalui penyelenggaraan event internasional, seperti penelitian, penulisan karya ilmiah, workshop, seminar, dan sebagainya. Di tengah perkembangan teknologi, interaksi akademis dapat didukung dengan penguatan website universitas yang didalamnya dilengkapi dengan konten-konten kreatif.

Menurut Ari Dwipayana, trend setter tidak semata-mata persoalan gaya. Lebih penting dari itu, bagaimana perguruan tinggi dapat berkontrbusi kepada masyarakat, baik dengan pemikiran atau gagasan-gagasan inovatif. Di era milenial perguruan tinggi juga mampu memunculkan inovasi dan kreatifitas. “Maknanya adalah Undiksha tidak hanya bereputasi, tapi mampu mengakar, yaitu memberikan solusi terhadap permasalahan-permasalahan masyarakat,” tegasnya.

Undiksha mengusung Falsafah Tri Hita Karana sebagai pondasi dalam pembangunan maupun mewujudkan visi menjadi universitas unggul di Asia pada Tahun 2045. Ari Dwipayana memberikan apresiasi untuk itu dan diharapkan nilai-nilai Tri Hita Karana dapat diaktualisasikan semakin nyata, baik di dalam perkuliahan, pemikiran maupun gagasan-gagasan untuk publik.

Pada kesempatan itu, pria asal Ubud, Kabupaten Gianyar ini juga sempat mengutarakan kekagumannya terhadap Kabupaten Buleleng dan Kota Singaraja yang menjadi lokasi Kampus Undiksha. Ia menyebutkan daerah yang dikenal dengan sebutan bumi Panji Sakti ini, secara hostoris banyak memiliki kearifan lokal dan memiliki branding sebagai kota pendidikan.

Dalam pengembangannya, dinilai perlu diperkuat dengan membangun ekosistem yang terbaik untuk mendorong adanya creative and innovation hub. Hal inilah yang diharapkan adanya dukungan dari perguruan tinggi, termasuk oleh Undiksha.
Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menyampaikan terima kasih atas kehadiran Ari Dwipayana ke Undiksha.

Baca Juga :   ​Berikut Film dan Proposal Keselamatan dan Kenyamanan Berkendara di Jalan Raya ala Gen Z

Hal tersebut dianggap sebagai penyemangat bagi Undiksha untuk terus berkarya dan semakin baik. Ia pun sangat mendukung dan sepakat terhadap hal yang disampaikan, baik yang menyangkut peningkatan kapasitas Undiksha untuk publik maupun meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam rangkan menghadapi era disrupsi. “Staf khusus kepresidenan kita berkeyakinan bahwa Undiksha akan tumbuh seperti pohon, dengan akar yang kuat, yaitu falsafah Tri Hita Karana yang menjadi bingkai Undiksha dalam melakukan aktivitasnya.” Ujar Jampel.

Selain kuliah umum, pada kesempatan ini juga diisi dengan penandatangan kerjasama antara Undiksha dengan Yayasan Puri Kauhan Ubud. Kerjasama tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (ist)

Berikan Komentar