Dukung Pengembangan Usaha, Bank bjb Bantu Kredit Tanpa Agunan

(Dutabalinews.com), Bank bjb meluncurkan Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) untuk membantu pelaku usaha mikro dalam mengembangkan usahanya.

“Ini kredit inovasi masyarakat terbawah, tanpa agunan dan tanpa bunga. Juga untuk melawan rentenir dan pinjol ilegal,” ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada acara Bank BJB “MESRAkan Bali” di Pasar Badung, Selasa (18/1).

Pada acara tersebut juga hadir Wagub Bali Tjokorda Artha Ardana Sukawati yang akrab disapa Cok Ace, Dirut Bank bjb Yudy Renaldi serta undangan terkait.

Di awal sambutannya, Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil mengatakan kepeduliannya dengan ekonomi Bali yang terdampak pandemi. “Seperti program Kredit Mesra ini untuk untuk membantu usaha mikro dan kami juga membawa sekitar 200 peserta rapat ke Bali untuk membantu pertumbuhan ekonomi di sini,” jelas Kang Emil.

 

Di sisi lain Kang Emil memuji masyarakat Bali yang dinilainya sangat taat dalam melaksanakan kewajiban (bank). Ia menambahkan Kredit Mesra ini bisa membantu warga mendapatkan akses modal usaha dengan cara lebih sederhana. Sebab warga sering sulit ketika meminjam kredit di bank. Oleh karena itu hadirnya Kredit Mesra melalui rumah ibadah ini bisa membantu warga sekaligus mendorong ketaatan beribadah.

Kredit Mesra ini disalurkan melalui pengurus rumah ibadah. Jadi pelaku usaha bisa mendapatkan pinjaman dalam bentuk kelompok sehingga bisa saling gotong royong dalam memenuhi kewajiban. “Lama pinjaman setahun, syaratnya berkelompok dan hubungi rumah ibadah terdekat. bjb juga bantu pelatihan,” tambahnya.

Sementara Dirut Bank bjb Yudy Renaldi menjelaskan bjb saat ini merupakan bank pembangunan daerah terbesar dan terbaik di Indonesia dari sisi aset dan pertumbuhan laba. Asetnya mencapai Rp160 miliar.

Bank bjb kini hadir di 14 provinsi termasuk Bali. “Bali merupakan salah satu pencapaian yang terbaik di Indonesia. Kunci keberhasilan
adalah kolaborasi dan inovasi,” ujarnya.

Kredit Mesra ini diharapkan dapat meningkatkan permodalan masyarakat dalam percepatan pertumbuhan ekonomi. Juga membantu akses keuangan bagi pekerja dan pelaku pariwisata yang memulai usaha setelah terdampak pandemi covid. Saat ini penyaluran Kredit Mesra mencapai Rp25 miliar.

Baca Juga :   Aplikasi Siklus Refill Tawarkan Solusi Isi Ulang Produk Rumah Tangga Lebih Murah dan Ramah Lingkungan

Pada acara Bank bjb “MESRAkan Bali” ini juga diserahkan Debitur kredit Mesra kepada sejumlah debitur serta dilaksanakan MoU antara Pemprov Bali dengan Pemprov Jabar tentang Pengembangan Potensi Daerah dan Pelayanan Publik. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar