Ekonomi & Bisnis

KSP Guna Prima Dana Gelar Penandatanganan Berita Acara RAT ke-20 dan Undian Berhadiah

(Dutabalinews.com), Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Guna Prima Dana (GPD) mengelar penandatanganan berita acara RAT ke-20 Tahun Buku 2021 dan undian berhadiah, Jumat (25/3) di Aula Kantor Pusat KSP Guna Prima Dana, Jl. Raya Uluwatu No.333, Ungasan Badung.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, S.Sos., M.Si, Dekopinda Badung, Puskop Jagadhita Badung, Kepala Desa Pecatu, perwakilan anggota dan undangan lainnya.

Kegiatan yang juga berlangsung secara online, melalui Zoom Meeting, Facebook Koperasi Guna Prima Dana, dan Live Youtube ini juga di isi dengan pengundian berhadiah bagi anggota.

Manajer KSP Guna Prima Dana, I Wayan Suyatna mengungkapkan, KSP Guna Prima Dana menggelar RAT tertulis laporan pertanggung jawaban pengurus ke-20 tahun buku 2021. Kegiatan RAT secara tertulis sudah dimulai sejak tanggal 10 Maret hingga 19 Maret 2022 dan puncak acara penandatanganan RAT digelar hari ini.

 

“Dengan motto Koperasi Guna Prima Go Digital dengan menerapkan teknologi terkini dalam melaksanakan kegiatan baik dalam mempermudah transaksi dan pelayanan kepada anggota melalui GPD Mobile, maupun dalam melaksanakan kegiatan seperti RAT kali ini. Dimana selain RAT tertulis, juga dilakukan secara online melalui Zoom Meeting, kanal Youtube maupun Facebook,” ucap Suyatna.

Ia berharap dengan kegiatan secara digital ini memberikan inspirasi dan semangat bagi seluruh anggota untuk selalu maju sesuai dengan motto KSP Guna Prima Dana yakni “Mari Menjadi Lebih Baik”.

KSP Guna Prima Dana, dikatakan Suyatna patut bersyukur dalam situasi covid-19 mampu meraih asset di tahun 2021 mencapai Rp 25 miliar dan tertinggi sejak berdiri. Dimana per 31 Desember 2021 total KSP GPD beraset Rp 203 miliar dengan raihan SHU sebesar Rp 1,095 miliar turun dibanding tahun 2020 dimana SHU sebesar Rp 1,3 miliar.

“Sejak Januari 2021 kami memberikan diskon bunga sebesar 10% kepada anggota yang memenuhi kewajiban secara lancar setiap bulan dan diskon 20% kepada anggota yang melunasi tunggakan bunga maupun pokok pinjaman. Tentu hal ini mempengaruhi SHU, karena anggota sudah mendapatkan manfaat atau benefit dengan adanya diskon tersebut,” ucapnya.

Baca Juga :   Komit Jaga Lingkungan, Pelindo III Kembali Tanam 50 Ribu Pohon Mangrove di Kawasan Pesisir Benoa

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung I Made Widiana mengapresiasi kegiatan RAT KSP Guna Prima dengan cara tertulis dan juga memanfaatkan teknologi digital dalam pelaksanaannya.

Hal ini dikatakannya tentu hemat biaya dan patut ditiru oleh Koperasi lainnya, khususnya di Kabupaten Badung dan Bali pada umumnya. “KSP Guna Prima Dana menjadi koperasi moderen berbasis digital. Ini patut ditiru oleh koperasi lainnya,” ucapnya.

“Di KSP Guna Prima Dana lengkap dan bisa menjadi contoh bagi koperasi lainnya untuk belajar di sini. Begitu juga pengurus KSP Guna Prima Dana siap berbagi ilmu dan pengalaman dengan koperasi lainnya.

KSP Guna Prima Dana menyabet penghargaan KSP Awards Tingkat Nasional tahun 2015 paling patuh menyampikan laporan keuangan. Pada tahun 2018 mendapat Koperasi Simpan pinjam terbaik tingkat Provinsi Bali dan Koperasi Beprestasi Tingkat Nasional.

Di tahun 2022 KSP Guna Prima Dana berhasil meraih penghargaan sebagai Penyalur KUR Terbaik Tahun 2021 Kategori Lembaga Keuangan Bukan Bank dari Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia KSP Guna Prima Dana menjadi satu-satunnya koperasi Penyalur KUR di Bali dan salah satu dari tiga Koperasi di Indonesia yang terpilih sebagai penyalur KUR di tahun 2019 sampai saat ini.

Selain itu juga KSP Guna Prima Dana mendapat kepercayaan pemerintah untuk ikut ambil bagian dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Dalam hal ini, KSP Guna Prima Dana, dipercaya menyalurkan dana bergulir (PEN) dari LPDB-KUMKM. (gpd)

Berikan Komentar