Diskusi dan Serap Aspirasi, Astra Motor Bali Gelar Sarasehan Bersama SMK Mitra Binaan AHM

(Dutabalinews.com), Sebagai salah satu bentuk menyerap aspirasi dan sekaligus ajang diskusi untuk SMK Mitra Binaan AHM khususnya wilayah Bali, Senin 27 Juni 2022 kembali Astra Motor Bali menggelar kegiatan yang diberi tajuk “ Sarasehan SMK Mitra Binaan AHM”. Kegiatan yang adalah ke 4 kalinya ini dihadiri oleh 9 sekolah yang menerapkan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda.

Adapun sekolah tersebut diantaranya SMK Negeri 1 Denpasar, SMK PGRI 2 Badung, SMK Rekayasa Denpasar,SMK Negeri 1 Klungkung, SMK Negeri 1 Manggis, SMK Negeri 1 Amlapura, SMK Negeri 2 Negara, SMK Negeri 3 Singaraja, SMK Negeri 1 Gerokgak.

Melalui Program SHEP (Satu Hati Education Program), proses belajar mengajar diberikan dengan materi pembekalan dari dunia Industri, diantaranya Pengenalan Industri Sepeda Motor Honda, Basic Mentality di dunia Industri, Kiat-kiat menyerap ilmu selama Prakrin di Dunia Industri, Peluang Lowongan Kerja, Prospek Bisnis melalui program (AHYPP) dan Astra Honda Youthpreneurship Program, review status grade SMK, data kompetensi guru dan data kenaikan/kelulusan siswa yang diinput melalui sistem Portal SMK yang semuanya ini dipaparkan oleh SHEP Officer Main Dealer Astra Motor Bali, Made Putra.

Selain itu ada yang istimewa dalam sarasehan kali ini yang mana SHEP Officer AHM secara langsung memberikan materi program TEFA (Teaching Factory) serta diskusi tentang IKM. Dalam pemaparan materinya, Ony Setiawan menyebutkan terkait siswa lulusan SMK diharapkan dapat dilanjutkan untuk terjun di dunia kerja yang dapat bekerjasama dengan AHASS, bahwa tidak hanya kemampuan skill perbengkelan, namun juga diimbangi dengan pelajaran management perbengkelan.

“Antusias sarasehan kali ini sudah terlihat dari awal pemaparan materi, ini sebagai bentuk kepedulian Honda terhadap dunia pendidikan dalan Hal ini SMK jurusan Teknik dan Bisnis Sepeda Motor,” ungkap Ony.

Di sela-sela acara juga disosialisasikan mengenai program AHM Best Studen 2022 yang dapat disebarkan flyer di sekolah masing-masing. Semoga dari SMK binaan AHM ada yang lolos seleksi.

SHEP (Satu Hati Education Program) Manager Astra Motor Bali, Agung Surya mengatakan kegiatan ini di latar belakangi oleh tanggung jawab sosial di dunia pendidikan dan juga melihat prospek tingkat kebutuhan tenaga kerja yang memiliki kemampuan yang baik di bidang otomotif, khususnya Teknik Sepeda Motor. Sehingga kedepannya dapat mendukung SMK melahirkan siswa-siswa terampil agar siap bersaing mengisi kebutuhan tenaga kerja di industri kendaraan roda dua.

Baca Juga :   Komit Bantu Melawan Covid-19, PT Victoria Care Indonesia Tbk Salurkan Bantuan 5.000 Botol Hand Sanitizer untuk Kesdami IX Udayana

“Semoga melalui kegiatan serasehan ini dapat memberikan informasi-informasi yang baru dapat diterapkan di sekolah masing-masing. Tujuan dari kegiatan ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri, kurikulum TBSM Astra Honda disusun secara berkesinambungan. Honda juga memastikan Kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda menjadi jembatan para lulusan SMK untuk bekerja. Atau dalam artian semakin link & match antara dunia pendidikan dan dunia usaha,” ungkap Agung Surya. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar