​HUT PGRI Ke-77, IGB Arthanegara: Guru Sebagai Pahlawan Tanpa Tanda Jasa Patut Dihormati 

(Dutabalinews.com),Menyambut HUT PGRI Ke-77, tentu tidak terlepas dari yang namanya sebuah pengabdian seorang guru sebagai seorang pendididik yang tidak pernah henti-hentinya memberikan pendidikan kepada generasi muda untuk menjadikannya sebagai masa depan emas. Demikian disampaikan Ketua Yayasan Pembina Lembaga Pendidikan (YPLP) Perguruan Tinggi IKIP PGRI Bali Drs. I Gusti Bagus Arthanegara. SH., MH, M.Pd, Kamis (24/11).

Sosok Arthanegara kelahiran Singaraja 21 Januari 1944 ini terus mencintai dunia pendidikan, dan menekuni dibidang sastra sampai usianya hampir kepala delapan (8) untuk tetap bersemangat dalam membangun bangsa melalui pendidikan yang menurutnya tidak akan pernah pudar.

Diceritakan dari kisah perjalanan hidupnya dalam membangun bangsa melalui pendidikan sangatlah panjang. Dimana dirinya pada tahun 1963 pernah menjadi guru di SMP Dwijendra, dan tahun 1970 menjabat sebagai Kepala Sekolah Pendidikan Guru (SPG) di Dwijendra. “Pada tahun 1983 baru mendirikan IKIP PGRI Bali bersama dengan dr. Gunawan, disinilah  perjalanan singkat saya sempat menjadi seorang guru pendidik dimasannya,” ucapnya.

Arthanegara menyampaikan dalam menyambut momen hari guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2022. Pastinya momen tersebut patut untuk dihormati, sebab kebarhasilan para guru dalam mendidik tidak bisa diucapkan dengan kata-kata. “Saya bisa menulis buku, dan bisa seperti sekarang ini tentu berkat peran dan jasa para guru terutamanya dalam mendidik dan memberikan pembinaan ketika masih duduk dibangku sekolah,” imbuhnya sembari menambahkan guru pendidik itu adalah garda terdepan dalam membangun bangsa melalui pendidikan. Pada momen ini para guru parut dihormati dan diberikan tanda jasa.

“Ibaratnya guru pendidik itu juga pahlawan tanpa tanda jasa dalam perannya mencerdaskan kehidupan bangsa. Jadi jangan pernah dilupakan jasa dan peranan guru. Selamat hari guru,” tambahnya.SUS

Baca Juga :   Jelang Gelar "Fun Bike", FK Unud Temui Pangdam Udayana

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar