Pendidikan & Olahraga

Gelar Praktikum Berbasis Case Method, Prodi Manajemen Sumber Daya Perairan Unud Jelajahi Potensi Perikanan di Desa Seraya Timur

(Dutabalinews.com), Manajemen Sumber Daya Perairan merupakan salah satu program studi bidang perikanan di Universitas Udayana, Jumat (5/5) dilaksanakan kegiatan praktikum sosial ekonomi budaya masyarakat perikanan, manajemen perikanan tangkap, tata niaga perikanan, pengembangan ekonomi dan finansial sumber daya perairan di Desa Seraya Timur, Karangasem.

Praktikum berbasis case method ini dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa agar dapat mengetahui kondisi di lapangan yang berhubungan dengan bidang perikanan. Selain itu diharapkan melalui kegiatan praktikum ini mahasiswa mampu meningkatkan keterampilan dan soft skill sebagai bekal saat memasuki dunia kerja nanti.

Praktikum dipimpin oleh pengampu masing-masing mata kuliah yaitu I Ketut Wija Negara, S.ST.Pi., M.P, dan I Wayan Darya Kartika, S.Pi.,M.Si. Metode yang digunakan dalam praktikum ini adalah wawancara terhadap nelayan, tengkulak, dan masyarakat yang terlibat dalam kegiatan penangkapan ikan di Pantai Seraya Timur. Mahasiswa melakukan wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dibuat dalam bentuk kuisioner. Data yang diperoleh nantinya akan dibuat dalam bentuk laporan praktikum.

“Praktikum akan membuka wawasan mahasiswa lebih luas terkait kegiatan penangkapan dan pemasaran produk perikanan yang diperoleh nelayan, sehingga mahasiswa tidak “kagok” saat memasuki dunia kerja yang sebidang dengan ilmunya nanti,” ungkap kedua dosen tersebut.

Kuliah berbasis studi kasus memang menjadi focus utama dalam kurikulum belajar merdeka, FKP melalui kedua program studinya, yaitu Ilmu Kelautan dan Manajemen SUmberdaya Perairan terus berupaya untuk memperbanyak kuliah berbasis metode tersebut, sehingga dampak yang dirasakan mahasiswa melalui turun langsung ke lapangan akan lebih bermanfaat dalam memasuki lapangan kerja nanti.

sumber: www.unud.ac.id

Baca Juga :   SMK Fest 2024 Sukses, Dihadiri 100 Ribu Lebih Pengunjung

Berikan Komentar