Pendidikan & Olahraga

​”Empowering Generation” Semarak Rangkaian HUT dan Pelepasan Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Kuta Tahun Pelajaran 2022/2023

(Dutabalinews.com),Menginjak usia berdirinya yang ke-5 tahun, SMP Negeri 3 Kuta menyelenggarakan HUT sekolah disertai dengan acara pelepasan siswa-siswi kelas IX. Acara HUT sekolah diselenggarakan dengan mengambil tema “Empowering Generation”: Menuju Generasi Emas yang Cerdas, Berkarakter, dan Berkebhinekaan Global”.

Acara ini diselenggarakan selama 3 hari berturut-turut dari tanggal 29 sampai 31 Mei 2023, yaitu pada tanggal 29-30 Mei serangkaian HUT sekolah, sedangkan pada tanggal 31 Mei khusus untuk acara pelepasan siswa-siswi SMP Negeri 3 Kuta. Dua acara ini sudah menjadi agenda tahunan yang dilaksanakan di sekolah.

Namun, di tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya saat masih suasana Covid-19. Acara ini dipusatkan di halaman SMP Negeri 3 Kuta dengan melibatkan seluruh staf guru dan pegawai serta perwakilan siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX sebagai pengisi acara.

Kegiatan di hari pertama, Senin, 29 Mei 2023 dimulai dengan beberapa kegiatan, yakni jalan santai, senam P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), lomba bakiak, estafet sarung, dan balap karung.

Kegiatan jalan santai mengambil start di sekolah, diikuti oleh semua siswa staf guru dan pegawai serta siswa-siswi SMP Negeri 3 Kuta. Acara ini juga dimeriahkan dengan pemberian doorprise dari beberapa sponsor yang terlibat. Di hari kedua tanggal 30 Mei 2023 yakni acara puncak HUT sekolah.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala SMP Negeri 3 Kuta, I Nyoman Dura, S.Pd. Acara ini juga dihadiri oleh beberapa undangan, yakni Lurah Kedonganan, Ketua BHABINKAMTIBMAS, Bendesa Adat Kedonganan, Ketua LPM, Pengurus Komite, dan stekholder di lingkungan desa adat kedonganan lainnya. Kegiatan HUT sekolah juga dimeriahkan oleh beberapa hiburan dari siswa-siswi serta guest star “Bagus Wirata”.

Kegiatan tahun ini menjadi lebih menarik lagi karena dibuka juga dengan kegiatan Pameran hasil karya kegitan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dari siswa-siswi kelas 7. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mempublikasikan karya siswa-siswi yang telah membuat sebuah produk inovasi dari hasil karya kegitan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) sesuai dengan tema yang telah dipilih selama 1 tahun proses pembelajaran.

Baca Juga :   Momen Hari Guru 25 November, Cok Mirah: Terus Tingkatkan Mutu

Sambutan juga diberikan oleh ketua panitia, kepala sekolah, ketua komit, dan lurah kedonganan. Lebih lanjut, komite sekolah memberikan sambutannya terkait bertambahnya usia SMP Negeri 3 Kuta agar terus meningkatkan eksistensinya melalui prestasi dan inovasi di bidang akademik maupun nonakademik.

“Semoga bertambahnya usia yang ke-5 tahun, sekolah ini sebagai wadah yang menjadi acuan peserta didik untuk berpacu mendapatkan ilmu dan prestasi di bidang akademik dan nonakademik, juga sekolah ini mampu mencetak generasi yang berkarakter dan bermartabat. Sesuai dengan tema kegiatan siswa-siswi diharapkan mampu memerdayakan dirinya sendiri dengan tantangan global, mampu melihat peluang, kreatif, inovatif, dan berkarakter,” ujar Ketua Komite saat memberikan sambutannya dalam pembukaan acara HUT SMP Negeri 3 Kuta.

Di hari terakhir, 31 Mei 2023 dilaksanakan acara pelepasan siswa-siswi SMP N 3 Kuta angkatan ke-3. Di tahun ini, SMP Negeri 3 kuta melepas 237 Siswa, diantaranya sebanyak 126 siswa laki-laki dan 111 siswa perempuan. Kegiatan ini juga menjadi simbolis pelepasan siswa-siswi di jenjang SMP kepada ketua komite.

Dalam acara pelepasan kali ini, sekolah juga memberikan penghargaan kepada siswa lulusan terbaik atas nama Komang Gede Bagus Dimas Wiraditha. Kepala sekolah SMP Negeri 3 Kuta, I Nyoman Dura, S.Pd dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas IX yang telah menempuh pendidikan di SMP Negeri 3 Kuta yang sebentar lagi akan berpisah dan melanjutkan pendidikan di jenjang SMA/SMK.

Selain itu ia juga berpesan agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi serta dapat mencetak prestasi yang lebih baik lagi serta tidak serta merta melupakan almamater tercinta. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru dan staf yang telah mendidik dan membimbing siswa-siswi dalam proses pembelajaran selama 3 tahun. Setelah acara pelepasan selesai, dilanjutkan dengan acara hiburan dari siswa-siswi kelas VII dan VIII serta ditutup dengan doa. (ist) 

Berikan Komentar