Ekonomi & Bisnis

​Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Gelar Temu Pelanggan

(Dutabalinews.com),Serangkaian HUT ke-26 Tahun, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar menggelar Temu Pelanggan yang dilaksanakan di IPA Belusung, Denpasar, Rabu (14/6). Menapaki usia ke-26 Tahun ini, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma terus berinovasi dan merancang program prioritas guna meningkatkan pelayanan.

Turut hadir Kepala Ombudsman Perwakilan Bali, Sri Widhiyanti, Anggota DPRD Kota Denpasar, I Wayan Sutama, Perwakilan BWS Bali-Penida, Perwakilan UPTD Pengolahan Air Minum PUPRKIM Provinsi Bali, Perbekel/Lurah se-Kota Denpasar, perwakilan pelanggan serta jajaran direksi dan dewan pengawas Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar.

Adapun temu pelanggan ini kata IB  Arsana mengangkat tema Dengan Semangat “Vasudhaiva Kutumbakam” Kita Tingkatkan Sinergi dalam Melayani Sepenuh Hati Menuju Denpasar Maju” dan tentunya menjalin silahturami, bersinergi dengan para stakeholder. Dimana, dalam pelayanan pemehunan kebutuhan air bersih Kota Denpasar tidak bisa dipungkiri adanya gangguan atau ketidaknyamanan pelanggan untuk mendapatkan air secara kontinuitas dan berkualitas.

Saat ini, nilai kinerja Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma dalam tiga tahun terakhir berada pada kategori ”Sehat”. Hal tersebut sejalan dengan berbagai program dan terobosan yang dilaksanakan Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma dalam mendukung peningkatan pelayanan bagi pelanggan. “Harapan kami untuk kedepannya lebih meningkatkan kualitas produksi, distribusi dan pelayanan lainnya, tentunya dukungan ini harus mendapat dukungan dari para stakeholder yang kami banggakan,” ujarnya.

Lebih lanjut dijelaskan, saat ini Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar memiliki 90.023 pelanggan. Tahun ini, sebanyak tiga bidang utama menjadi fokus inovasi di tahun 2023. Yakni Bidang Produksi, Perumda akan terus mendukung optimalisasi IPA Ayung III, IPA Waribang dan Sumur Bor. Sehingga mampu mendukung optimalisasi kebutuhan air baku. Selain itu, pemanfaatan kanal air baku IPA Belusung akan terus dibenahi guna mendukung kehandalan produksi air bersih.

Kedua yakni Bidang Distribusi, Perumda terus mendukung optimalisasi distribusi air dengan mempercepat perbaikan pipa jika ada kebocoran, Percepatan pelayanan melalui aplikasi Sistem Informasi pelayanan Pelanggan, Pembangunan jaringan distribusi primer dan sekunder , pengaturan valve untuk pemerataan air bersih, memperbanyak pembentukan zoning block serta pengoperasian reservoar Tonja, Serangan dan Monang-Maning. Selain itu, terbosoan lainya adalah tuntasnya pembangunan Kanal Air Baku IPA Belusung dan rencana KPBU untuk revitalisasi atau peremajaan  pipa yang sudah berumur puluhan tahun.

Baca Juga :   Digitels, Beri Keuntungan Besar bagi Pengusaha Hotel

Ketiga yakni Bidang Pelayanan, dimana dalam rangka peningkatan pelayanan kepada pelanggan, Perumda terus berinovasi dengan mengedepankan digitalisasi. Hal ini dilaksanakan dengan pengembangan Sistem Distribusi Air Bersih (SIDAB) berbasis Citra Satelit Kota Denpasar. Selain itu juga turut diaplikasikan pola pembacaan meter air dengan sistem barcode, infromasi pelayanan dengan SMS Broadcast dan Informasi Pelayanan Layar Sentuh.

“Digitalisasi menjadi fokus kita dalam pengembangan perusahaan kedepanya, sehingga pelanggan dapat memanfaatkan pelayanan dengan mudah, semoga dengan dukungan semua pihak, Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma terus berbenah dan tumbuh untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” ujarnya. (ist) 

Berikan Komentar