Sosial & Seni

Prodi Kimia FMIPA Unud Gelar Pengabdian Internasional Bersih-bersih Sampah dan Pelatihan Pembuatan Sabun Strawberry di Danau Buyan

Kegiatan diawali dengan webinar yang menghadirkan narasumber Prof. Tsuyoshi Imai (Jepang), Dr. Paul Macklin (Australia), Dr. Jantima Teeka (Thailand), Huy Thanh Vo, PhD. (Vietnam), dan Prof. Dr. Budiarsa Suyasa, M.Si. (Indonesia). Selanjutnya dilakukan Pengabdian pertama yang berlangsung di Kantor Desa Pancasari, dengan tema “Workshop Pembuatan Ekoenzim dan MOL (Mikroorganisme Lokal) dan aplikasinya”.

Pengabdian Internasional kali ini melaksanakan bersih-bersih sampah plastik di sekitar danau Buyan, dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun strawberry. Kegiatan bersih-bersih sampah plastik dipandu langsung oleh ketua pengabdian, Prof. Dr. Drs. I Wayan Budiarsa Suyasa, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen dan mahasiswa P.S. Kimia FMIPA Universitas Udayana, dibantu oleh petugas kebersihan setempat.

Setiap hari Minggu petugas kebersihan setempat melaksanakan bersih-bersih sampah di sekitar danau Buyan. Akan tetapi, ketidaksadaran pengunjung untuk membuang sampah, terutama sampah plastik, pada tempatnya, membuat masih banyak sampah di sekitar danau buyan. Pada kesempatan kali ini, P.S. Kimia juga menyumbangkan 2 tong smpah untuk ditempatkan di sekitar Danau Buyan.

Kegiatan pelatihan pembuatan sabun strawberry dipandu oleh Prof. Dr. Dra. Wiwik Susanah Rita, M.Si. dan dibantu oleh mahasiswa. Pelatihan ini diawali dengan sambutan oleh Ketua Program Studi Kimia, Dr. I A. Gede Widihati, S.Si., M.Si. dan Sekretaris Desa Pancasari bapak I Gusti Ngurah Agung Made Darmasusila. Desa Pancasari terkenal sebagai penghasil strawberry, akan tetapi jika panen melimpah, maka banyak strawberry yang sudah terlalu matang tidak bisa dikonsumsi.

Selain disimpan di Freezer dan sebagai bahan tambahan makanan, pemanfaatan lain adalah sebagai bahan aktif sabun. Strawberry sangat baik untuk kesehatan kulit terutama untuk anti-penuaan, melembabkan kulit, memberi nutrisi dan merevitalisasi kulit. Sabun dibuat dengan mereaksikan minyak kelapa, minyak sawit, minyak zaitun, dan asam stearat dengan suatu basa (NaOH), selanjutnya ditambahkan bahan-bahan lain seperti gliserin untuk menjaga kelembaban kulit, strawberry dan yogurt strawberry sebagai bahan aktif, serta cocamide DEA sebagai pembentuk dan penstabil busa. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu PKK Desa Pancasari untuk berwirausaha dalam skala home industry untuk menambah income.

Baca Juga :   KIH FK Unud Gelar Pengabdian Masyarakat dan Malam Puncak HUT ke-19

sumber: www.unud.ac.id

Berikan Komentar