Global

Nyaman di Jalan Raya, Mitra Gojek Dibekali 7 Postur Kenyamanan Berkendara #Cari_Aman  

(Dutabalinews.com), Astra Motor Bali melalui team safety riding menggandeng Mitra Gojek Bali dalam edukasi keselamatan berkendara yang bertepatan dengan kegiatan PKM (Pelaksana Kopdar Mitra) Gojek Bali. Kegiatan yang dilaksanakan Sabtu, 7 Oktober 2023 berlokasi di Hot Spring & Camp Tabanan diikuti 35 mitra Gojek.

Dengan tunggangan sepeda motor dalam kegiatan sehari-hari para Mitra Gojek tentunya ada hal penting yang perlu diperhatikan karena mengendarai mobil dan motor pasti berbeda postur tubuhnya. Untuk itu pada kesempatan yang baik kolaborasi ini edukasi keselamatan berkendara disampaikan langsung oleh Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius yang lebih menekankan pada kenyamanan saat Mitra Gojek sedang berkendara di jalan raya dengan memperhatikan postur yang nyaman saat menggunakan sepeda motor.

Adapun materi diberikan dengan menggunakan peraga dari salah satu peserta.  Safety Riding Instructor Yosepth Klaudius memaparkan, ketika berkendara 7 posisi yang tepat sekaligus berfungsi menjaga keseimbangan si pengendara. Pertama pastikan tangan dan mata fokus lurus kedepan dengan selalu menjaga konsentrasi pada jalanan didepan.

Hindari bermain HP saat berkendara, disarankan untuk berhenti sejenak apabila ingin menerima telepon. Kedua, posisi bahu dan pundak diusahakan tidak tegang lebih tenang serta santai agar terasa nyaman diatas  motor sambal menikmati perjalanan. Pastikan juga punggung dalam posisi tegak untuk menghindari sakit pada pinggang.

Ketiga, siku tangan dibuat sedikit menekuk, tujuannya agar lebih nyaman memegang stang ketika getaran  saat motor melintasi jalan yang tidak rata atau bergelombang.

Keempat, posisi tangan dipastikan dapat menjangkau komponen penting seperti gas motor, rem, tombol klakson, starter, lampu sein dan pastikan kita memegang erat kendali stang motor agar seimbang.

Kelima, posisi pinggul yang menjadi perhatian penting karena paling sering mengalami cedera atau lebih cepat pegal saat duduk dan berkendara lama. Dibuatlah posisi yang paling nyaman tidak terlalu dekat ataupun jauh dengan stang.

Keenam posisi lutut yang disesuaikan dengan type motor yang  digunakan apakah matic, bebek atau sport. Posisi disesuaikan, jangan membukanya terlalu lebar karena dapat mengganggu jalannya pengendara lain sekaligus jangan terlalu dipersempit karena membuat cara berkendara kita kurang nyaman.

Baca Juga :   ​Bersaing Kompetitif dengan Crosser Dunia di MXGP Sumbawa, Delvintor Raih Poin Perdana Musim Ini

Ketujuh adalah posisi kaki, Pastikan kaki dapat menyentuh lantai atau aspal ketika berhenti. Selain itu usahakan kaki selalu nyaman ketika menginjak pedal rem dan persneling. Posisi kaki yang ideal untuk pengendara maupun pembonceng pada motor sudah diberikan footstep-nya masing-masing.

Materi dibawakan dengan santai sehingga peserta antusias tanpa tegang menymak materi ringan yang dibawakan team safety riding Astra Motor Bali.

PIC Grup Customer Astra Motor Bali Bismi Fatamsi menyebutkan, Kolaborasi dengan mitra gojek sudah berjalan sangat baik, selain memberikan promo khusus untuk pembelian sepeda motor Baru, benefit lainnya juga ditawarkan seperti layanan Honda Care, service hemat dan diskon sparepart.

“Melalui edukasi safety riding ini kami ingin meningkatkan kesadaran #Cari_Aman untuk para mitra Gojek. Hal ini selaras dengan program “Sinergi Bagi Negeri” yang selalu berusaha memberikan dampat yang positif untuk masyarakat. Semoga kegiatan ini bisa dilakukan lagi bagi Mitra Gojek yang belum berkesempatan hadir pada hari ini,” ungkap Bismi. (ist)

Berikan Komentar