Sosial & Seni

PPK ORMAWA HMIK FK Unud Gelar Launching Desa Sehat dan Cek Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Desa Gunaksa

Acara Launching Desa Sehat ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Udayana Prof. Ir. Ngakan Putu Gede Suardana, M.T., Ph.D., IPU, Kepala Unit Udayana Student Creative Center Universitas Udayana I Wayan Santiyasa, MSi, Unit Pengembangan Karakter dan Pengabdian Masyarakat Universitas Udayana Wayan Nata Septiadi, ST., MT, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Informasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Prof. dr. I Made Ady Wirawan, MPH., Ph.D., Koordinator Program Studi Keperawatan Dr. Ns. Ni Ketut Guru Prapti., S.Kep., MNS, Dosen Pembimbing Dr. Ns. Ni Made Dian Sulistiowati, S.Kep., M.Kep., Sp. Kep. J, Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tantra Pratama, Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan Ni Kadek Karlina, Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Klungkung I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya, SSTP, Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung dr. Komang Ayu Megawati, UPTD Puskesmas II Dawan, Kepala Desa Gunaksa I Wayan Sardiana, S.H, Sekretaris Desa Gunaksa, Kepala Dusun, Perangkat Desa, Ketua PKK beserta anggota, Kader Remaja Desa Gunaksa, serta seluruh masyarakat Desa Gunaksa.

Acara ini merupakan acara yang di selenggarakan oleh PPK ORMAWA HMIK dengan Program AKBAR (Aksi Bersama Masyarakat dan Edukasi Melalui Art Therapy) di Desa Gunaksa Menuju Desa Sehat Tanggap Bullying. Rangkaian Acara ini dibuka oleh bapak Kepala Desa Gunaksa dimana beliau menyampaikan bahwa adanya kegiatan PPK ORMAWA di Desa sangat membantu Desa dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat, terutama terkait Kesehatan mental dimana umumnya orang masih merasa tabu untuk membicarakan hal tersebut padahal hal tersebut sama pentingnya seperti kita membicarakan kesehatan fisik.

Dengan adanya kegiatan pengabdian di desa ini harapannya anaki-anak semakin paham bahaya dari bullying jika dibiarkan terjadi. Semoga dengan Desa Gunaksa menjadi desa sehat bisa menjadi motivasi masyarakat desa untuk lebih proaktif dalam menjaga kesehatan bukan hanya fisik namun juga kesehatan mental serta percontohan bagi desa lain di lingkungan Kabupaten Klungkung.

Baca Juga :   ​Pameran Lukisan di The Apurva Kempinski Bali, Kun Adnyana: Tinggi Minat Kalangan Muda Tekuni Dunia Seni

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan kepada masyarakat terkait kegiatan yang sudah dilakukan oleh mahasiswa PPK ORMAWA mulai dari membentuk kader remaja di desa hingga melakukan kegiatan bersama kader dalam mendampingi anak-anak melakukan kegiatan art therapy mulai dari lukis hingga drama. Melalui pertunjukan drama yang dibawakan oleh anak-anak Desa Gunaksa diharapkan masyarakat mendapatkan informasi terkait bahaya bullying dan apa dampak yang dialami anak-anak ketika mengalami bullying sehingga masyarakat bisa waspada bersama dalam mencegah perilaku bullying di Desa Gunaksa.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Tes Katarak yang bekerja sama dengan UPTD Puskesmas II Dawan dan Volluntery Nursing Team Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan yang terbuka untuk seluruh masyarakat Desa Gunaksa. Kegiatan ini juga mengundang content creator Puja Astawa sebagai bintang tamu yang memberikan edukasi dan pesan kepada masyarakat mengenai perilaku bullying, setelah itu dilanjutkan dengan penampilan drama dari anak-anak Desa Gunaksa dengan tema tanggap bullying serta penyerahan plakat dan piagam kepada Desa Gunaksa, puskesmas, dan mitra.

sumber: https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas3718-Launching-Desa-Gunaksa-Sebagai-Desa-Sehat-Tanggap-Bullying.html

Berikan Komentar