Ekonomi & Bisnis

Pentingnya #Cari_Aman: Mengatasi Titik Buta dalam Berkendara

(Dutabalinews.com), Titik buta adalah area yang tidak terlihat dalam pandangan. Memahami cara mengatasi titik buta sangat penting bagi para pengendara, karena dapat menjadi faktor risiko kecelakaan. Setiap kendaraan, termasuk sepeda motor, memiliki titik buta. Materi ini menjadi subjek pembelajaran yang disampaikan oleh tim safety riding Astra Motor Bali di SMKN 3 Singaraja pada 27 Maret 2024.

Dengan partisipasi 75 siswa, presentasi materi yang dikemas dalam seminar pendidikan safety riding menarik perhatian semua peserta. Terdapat banyak pertanyaan yang diajukan, menunjukkan minat siswa terhadap pendidikan yang diberikan.

Dalam materi yang disampaikan oleh Instruktur Safety Riding, Yosepth Klaudius, peserta diingatkan tentang beberapa faktor penyebab titik buta, antara lain keterbatasan jangkauan spion, muatan yang menghalangi pandangan, dan variasi desain kendaraan. Misalnya, truk memiliki titik buta yang besar karena dimensi yang besar. Oleh karena itu, setiap pengemudi harus memperhatikan titik butanya masing-masing.

“Titik buta antara kendaraan bervariasi dan dipengaruhi oleh banyak faktor. Saat mengendarai sepeda motor, penggunaan spion sangat penting dalam safety riding karena dapat mengurangi titik buta. Seringkali pengendara kurang berhati-hati saat berada di samping atau di belakang kendaraan besar. Oleh karena itu, selalu #Cari_Aman di mana pun berada, terutama bagi siswa SMKN 3 Singaraja yang masih memiliki semangat muda, yang harus lebih sabar saat berkendara di jalan raya,” ungkap Yoyo.

Pendidikan safety riding dilakukan melalui teori dan contoh dalam video keselamatan berkendara. Selain memahami posisi titik buta suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #Cari_Aman untuk mengurangi risiko kecelakaan.

Baca Juga :   LKPJ Tahun 2023: Penjabat Gubernur Bali Tinjau Capaian dan Tantangan

Berikan Komentar