Politik

Menyambut Bulan Bung Karno, DPD PDIP Bali Gelar Lomba Cerdas Cermat Berhadiah Rp274,5 Juta

(Dutabalinews.com), Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Dr. Wayan Koster membuka Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK dan Perguruan Tinggi se Bali, Jumat (7/6) bertempat di Kantor DPD PDIP Bali, Renon Denpasar. Lomba digelar dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno yang digelar setiap Bulan Juni.

Dalam sambutannya Wayan Koster menegaskan kegiatan ini merupakan implementasi dari ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Diharapkan dari kegiatan ini generasi muda selalu mengingat peran tokoh Bung Karno sebagai Bapak Bangsa.

Kegiatan ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintahan Provinsi Bali dalam konsep Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun. Lomba Cerdas Cermat ini dimaksudkan untuk meningkatkan literasi generasi muda Bali dalam upaya mengembangkan sumber daya yang berdaya saing tinggi, yaitu berkualitas dan berintegritas serta memiliki jati diri kokoh yang dikembangkan berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal krama Bali.

Berbagai lomba digelar DPD PDIP Bali untuk memperingati Bulan Bung Karno dengan total hadiah Rp274,5 juta. Peringatan Bulan Bung Karno 2024 mengusung tema “Satyam Eva Jayate” Kekuatan Persatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya”. Peringatan Bulan Bung Karno merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali sejak tahun 2015, yang kemudian diperkuat dengan diterbitkannya Peraturan Gubernur Bali Nomor 19 Tahun 2019 tentang Bulan Bung Karno di Provinsi Bali.

DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menjadikan Bulan Bung Kamo Tahun 2024 ini sebagai momentum yang tepat untuk mensosialisasikan Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2023 tentang Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru 2025-2125, 44 Tonggak Peradaban Penanda Bali Era Baru, dan Undang – Undang Nomor 15
Tahun 2023 tentang Provinsi Bali kepada generasi milenial sampai Gen-Z di Bali.

Adapun lomba serangkaian peringatan Bulan Bung Karno tahun 2024 dengan total hadiah Rp274,5 juta ini yakni Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMA/SMK, Universitas/Perguruan Tinggi, Lomba Karya Tulis, dan Lomba Konten Kreatif. Selain itu juga diselenggarakan Lomba Mixology Arak Bali, 2) Lomba Barista Kopi Bali dan 3) Lomba Layang-Layang KBS BIG KITE Festival.

Baca Juga :   Tingkatkan Kerja Sama, DJBC Bali-Nusra Silaturahmi ke Kodam Udayana

Ketua Panitia Dr. I Gst. Ayu Diah Werdhi Srikandi W.S, SE, MM dalam laporannya mengatakan
kegiatan ini merupakan implementasi visi Pembangunan Bali “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru yang bersumber dari nilai-nilai kearifan lokal Bali “Sad Kerthi”.

Visi tersebut mengandung makna :
“Menjaga Kesucian dan Keharmonisan Alam Bali Beserta Isinya, Untuk Mewujudkan Kehidupan Krama Bali Yang Sejahtera dan Bahagia, Sakala-Niskala Menuju Kehidupan Krama Bali dan Gumi Bali Sesuai Dengan Prinsip Trisakti Bung Karno: Berdaulat Secara Politik, Berdikari Secara Ekonomi, dan Berkepribadian dalam Kebudayaan Melalui Pembangunan Secara Terpola, Menyeluruh, Terencana, Terarah, dan Terintegrasi Dalam Bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila 1 Juni 1945”.

Visi tersebut diwujudkan melalui pembangunan yang seimbang dengan 3 (dimensi utama yaitu Alam Bali, Krama Bali dan Kebudayaan Bali sesuai dengan nilai-nilai kearifan lokal Sat Kerthi yang artinya enam sumber utama kesejahteraan/kebahagiaan meliputi; 1) penyucian jiwa (Atma Kerthi); 2) penyucian laut (Segara Kerthi); 3) penyucian sumber air (Danu Kerthi); 4) penyucian tumbuh-tumbuhan (Wana Kerthi); 5) penyucian manusia (Jana Kerthi); dan 6) penyucian alam semesta (Jagat Kerthi).

Untuk Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno tahun 2024 diselenggarakan di tingkat SMA/SMK dan Perguruan Tinggi, yang merupakan Duta Kabupaten/Kota se-Bali. Untuk Tingkat SMA/SMK, Babak Penyisihan pada tanggal 7-8 Juni 2024 diikuti sebanyak 27 regu yang akan menghasilkan 9 regu untuk maju ke Babak Semi Final pada tanggal 13 Juni 2024. Kemudian dari Babak Semi Final akan menghasilkan 3 regu yang akan maju ke Babak Final pada tanggal 21 Juni 2024. Pada Babak Final dari 3 regu akan dihasilkan penentuan Juara 1,2 dan 3. Dan untuk Juara Harapan 1,2 dan 3 akan ditentukan dari Runner Up (peringkat ke 2) dari Babak Semi Final.
Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno tahun 2024 akan dilaksanakan Babak penyisihan pada tanggal 15 Juni 2024, Babak Semi Final pada tanggal 17 Juni 2024 dan Babak Final pada tanggal 21 Juni 2024. Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno tahun 2024 melibatkan 6 Profesor, Doktor dan akademisi yang sudah profesional sebagai Dewan Juri, Pembuat dan Editor naskah soal. (ist)

Berikan Komentar