Pendidikan & Olahraga

Peningkatan Kualitas Pelayanan Kesehatan: Seminar Hybrid CPHI Universitas Udayana

(Dutabalinews.com), Pusat Unggulan IPTEK Perguruan Tinggi (PUI-PT) Center for Public Health Innovation Universitas Udayana sukses menyelenggarakan seminar bertajuk “Peningkatan Mutu Fasilitas Pelayanan Kesehatan Melalui Survei Kepuasan Masyarakat”. Acara ini diadakan secara hybrid, dengan sesi luring di Four Star Renon dan sesi daring melalui Zoom serta disiarkan langsung di Kanal YouTube CPHI FK Universitas Udayana.

Seminar ini membahas dua topik utama yaitu Penjaminan Mutu Fasilitas Kesehatan dan Peran Survei Kepuasan Masyarakat oleh dr. I Putu Reka Wibawa yang merupakan Ketua Tim Kerja Jaminan Kesehatan dan Mutu Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Bali, serta Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat oleh Apt. Brigitta Wardhani, MPH, peneliti dari CPHI Universitas Udayana. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya penjaminan mutu layanan kesehatan di fasilitas kesehatan serta bagaimana survei kepuasan masyarakat dapat berperan dalam meningkatkan mutu layanan dan akreditasi fasilitas kesehatan.

Acara ini dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan dari sektor kesehatan dan peserta dari Puskesmas dan Rumah Sakit di Provinsi Bali. Acara ini juga terbuka untuk masyarakat umum yang memiliki ketertarikan dalam peningkatan mutu pelayanan kesehatan.

Kegiatan ini dibuka oleh Prof. dr. Pande Putu Januraga, M.Kes., DrPH, Ketua PUI-PT CPHI Universitas Udayana, yang memberikan sambutan serta pembukaan acara. Seminar dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para pembicara dan ditutup oleh Sekretaris PUI-PT CPHI Universitas Udayana, Ngakan Putu Anom Harjana, S.KM., MA. yang membawakan selayang pandang pengenalan CPHI sebagai lembaga penelitian yang kini telah menjadi PUI-PT Universitas Udayana

Pelaksanaan seminar ini didorong oleh kesadaran akan pentingnya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Melalui survei kepuasan masyarakat, upaya peningkatan mutu pelayanan dapat dilakukan secara lebih terstruktur, komprehensif, dan berkelanjutan. Kualitas layanan yang tinggi diharapkan dapat meningkatkan kepuasan masyarakat.

Acara ini berjalan dengan sukses dan mendapatkan sambutan serta antusiasme yang baik dari para peserta. Bagi yang tidak dapat mengikuti acara, rekaman ulang dapat diakses melalui Kanal YouTube CPHI FK Universitas Udayana. Seminar kit yang berisi materi dari pembicara dan leaflet survei kepuasan masyarakat juga tersedia untuk diunduh.

Baca Juga :   ​Marc Klok dan BAGI Berkolaborasi Dalam Satu Misi Positif

CPHI Universitas Udayana terus berkomitmen untuk menjadi pusat unggulan dalam penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan masyarakat, dengan tujuan untuk meningkatkan mutu layanan kesehatan melalui pendekatan berbasis bukti.

Tautan YouTube CPHI FK Universitas Udayana: https://www.youtube.com/live/oxSJ-Wk5CB8?si=iSDryUFoyv9sEASA
Tautan Seminar Kit: https://bit.ly/SeminarKITCPHI2024

Penulis: Kadek Darmawan, S.KM

Berikan Komentar