Ekonomi & Bisnis

Kolaborasi Astra Motor Bali dan VIBER untuk Tingkatkan Keselamatan Berkendara di Bali

(Dutabalinews.com), Astra Motor Bali, bersama dengan Agen Safety Riding dari komunitas Vario Bali Riders Club (VIBER) yang telah tersertifikasi, memberikan materi #Cari_Aman sebagai bentuk refreshment kepada anggota komunitas Honda Vario di area Denpasar. Kegiatan ini berlangsung pada 24 Juni 2024 dengan 40 anggota baru yang bergabung dalam paguyuban Honda Community Bali (HCB). Mereka menerima edukasi tentang keselamatan berkendara di jalan raya. Komunitas yang berpartisipasi dalam kegiatan ini meliputi Vario Bali Riders Club (VIBER), Vario Team Dewata (VTD), Ladies Vario Bali (LVB), dan Vario Owner Club Bali (VOC Bali).

Berlokasi di Gudang Astra Motor Megati Tabanan, puluhan anggota ini mendapatkan ilmu safety riding dari Yosepth Klaudius, instruktur safety riding dari Astra Motor Bali. Klaudius memberikan materi yang mengajak seluruh peserta untuk memahami arti keselamatan berkendara. Sebagai komunitas yang sering melakukan kegiatan bersama di jalan raya, memahami keselamatan dan tidak egois dalam berkendara adalah hal yang penting.

Kegiatan edukasi ini dibagi menjadi beberapa materi dengan konsep teori dan praktek, di antaranya persiapan berkendara sebelum touring bersama komunitas, kelengkapan berkendara, dan prediksi bahaya di jalan raya. Dalam materi teori, peserta diajak untuk mempelajari bahaya dengan menganalisis tiap kondisi jalan, membuat keputusan paling aman saat di jalan raya, dan bereaksi atas kondisi tak terduga.

Praktek yang diikuti oleh seluruh peserta mencakup metode prediksi bahaya dengan 4T di persimpangan, berhenti/berhenti sejenak, menoleh kanan dan kiri, memastikan situasi aman, membunyikan klakson, lalu berjalan kembali.

Ngurah Iswahyudi, PIC Safety Riding & Community Promotion Astra Motor Bali, mengungkapkan bahwa edukasi kali ini adalah kolaborasi antara Astra Motor Bali melalui tim safety riding dan agen safety riding dari komunitas VIBER yang telah tersertifikasi. “Dengan semangat bagi negeri, kami berharap agen-agen yang kami bentuk mampu menularkan keselamatan berkendara kepada para anggota baru di komunitas Honda. Sebagai duta #Cari_Aman, mereka bisa menunjukkan perilaku berkendara yang baik, tetap sopan, dan saling menghargai antar sesama pengguna jalan raya. Mematuhi peraturan rambu lalu lintas, memakai riding gear lengkap, serta mengetahui cara berkendara saat bersama secara iring-iringan atau konvoi. Mari menjaga citra positif, khususnya kepada seluruh komunitas motor Honda, dengan menjaga tertib berlalu lintas,” ungkap Iswahyudi.

Baca Juga :   Dukung Gernas BBI, Trisno Nugroho Berharap Penjualan Produk-produk UMKM di Bali makin Meningkat

Berikan Komentar