Sosial & Seni

Kolaborasi Seni dan Kebudayaan: Pameran Prof. Dr. Chrysnanda Dwilaksana di Museum Arma

(Dutabalinews.com), Pj. Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara Pameran Lukisan Tunggal Prof. Dr. Chrysnanda Dwilaksana M.Si. di Museum Arma, Ubud, Gianyar, Rabu (3/7).

S. M. Mahendra Jaya dalam sambutannya menyatakan menyambut baik dilaksanakannya pameran ini, sebagai program literasi budaya yang digagas oleh Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri.

“Ini merupakan terobosan yang fundamental, karena pengenalan hasil-hasil kebudayaan tidak cukup hanya dengan pemberian materi berupa text books saja, tetapi harus menyelami secara langsung karya-karya luhur yang diciptakan oleh para maestro, termasuk karya-karya dari Bapak Irjen. Pol. Prof. Dr. Chrysnanda Dwilaksana,” cetusnya.

Lebih jauh, dirinya mengapresiasi dipilihnya Museum Arma sebagai tempat penyelenggaraan event ini sangat tepat, karena diketahui bersama, Museum Arma memiliki komitmen yang sangat kuat untuk mendukung upaya penguatan dan pemajuan Kebudayaan Bali.

“Melalui Museum Arma kita dapat mengenal seorang maestro I Gusti Nyoman Lempad, menikmati indahnya guratan seorang I Gusti Made Deblog, Walter Spies dan maestro-maestro lainnya. Ini menunjukkan bahwa Museum Arma, telah berfungsi sebagai wahana edukasi yang menyimpan dan menyajikan berbagai materi penting kebudayaan Indonesia,” pungkasnya sembari mengucapkan selamat atas pelaksanaan pameran.

Seniman yang juga menjabat Kasespim Lemdiklat Polri Irjen. Pol. Prof. Dr. Chryshnanda Dwilaksana mengungkapkan harapan agar pameran bertajuk “TAKSU Bahagia Sehat Jiwa Raga”, yang digelar di Bali bisa menjadi dialog antara karya – karyanya dengan masyarakat Bali pada umumnya. Yang sudah sangat akrab dengan Taksu sebagai dasar hidup kegiatan di semua bidang, termasuk kreativitas dan aktivitas di ranah bidang seni. “Semoga Bali bisa terus menginspirasi bagi setiap pengabdi seni dan budaya, karena Balilah tempatnya seni dan budaya itu hidup,” ujarnya.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja Jenderal Polisi Bintang Dua yang aktif menekuni seni ini, pada momen itu dianugerahkan pula sebuah penghargaan yang diserahkan oleh Penglingsir Puri Ubud yang juga Wagub Bali periode 2018 – 2023 Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati. Setelah sebelumnya Chryshnanda Dwilaksana berhasil menorehkan rekor MURI predikat Perwira Tinggi POLRI dengan Karya Lukis Terbanyak.

Baca Juga :   Apresiasi Kasad: Penghargaan Juara 3 untuk Perehaban Rumah Dinas Swakelola

Acara turut diisi pemberian bansos kepada masyarakat oleh Chryshnanda Dwilaksana serangkaian HUT Bhayangkara ke – 78, serta pembacaan puisi oleh Triyogi Laksmi berjudul “TAKSU Bahagia Sehat Jiwa Raga”.

Acara tampak pula dihadiri oleh Pj. Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Bali Dewa Gede Mahendra Jaya, dan Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali Gede Arya Sugiartha.

Berikan Komentar