Pendidikan & Olahraga

Kado Berbagai Prestasi Sambut HUT ke-64 Smansa

(Dutabalinews.com), SMAN 1 Denpasar (Smansa) dalam rangka merayakan HUT ke-64 kembali menunjukkan prestasi luar biasa selama setahun terakhir.

“Smansa ini bisa dibilang sekolah dengan segudang prestasi di berbagai bidang dan mampu membuktikan diri sebagai salah satu sekolah unggulan di Indonesia,” kata Kepala SMAN 1 Denpasar, M. Rida, S.Pd., M.Pd., Rabu (7/8/2024).

Ia menyampaikan bahwa prestasi terbaru yang paling membanggakan adalah keberhasilan tujuh siswa Smansa yang lolos mewakili Bali ke tingkat nasional dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) di bidang matematika, kimia, fisika, biologi, dan ekonomi.

Ketujuh siswa tersebut adalah I Putu Dickson Partha Hartopo, I Kadek Andhika Ary Wiguna, Kadek Aditya Atmaja Putra Prasetya, I Putu Bagus Surya Nata, I Wayan Wahyu Amerta, I Nyoman Bayu Udiyana, dan Kadek NasyaKanti Nariswari.

“Tidak hanya di tingkat nasional, siswa Smansa juga menorehkan berbagai prestasi di ajang bergengsi tingkat internasional, utamanya dalam bidang penelitian,” ucapnya.

M. Rida juga menyampaikan bahwa siswa Smansa sudah terbiasa berlomba di berbagai negara seperti China, Jepang, Singapura, Thailand, dan Malaysia.

“Prestasi ini menunjukkan kualitas pendidikan dan semangat inovasi yang tinggi di kalangan generasi muda Smansa,” imbuhnya.

Di bidang seni, Smansa juga tidak kalah berprestasi. Setidaknya ada lima siswa yang berhasil menjadi wakil Provinsi Bali dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), yaitu Ni Putu Yuni Paramitha (Juara 1 Lomba Desain Poster), I Putu Mahatma Satria Wibawa (Juara 1 Menulis Cerita Pendek), I Kadek Shellon Arya Dwinata (Juara 2 Lomba Menyanyi Solo Putra), Ni Kadek Aruna Indri Nadia Devi (Juara 2 Lomba Membuat Komik Digital), dan Ni Kadek Aruna Indri Nadia Dewi (Juara 2 Lomba Film Pendek 2024).

“Inilah siswa-siswa Smansa yang akan mewakili Bali dalam FLS2N tingkat nasional tahun 2024,” jelasnya.

Prestasi seni ini tidak hanya mengembangkan bakat siswa tetapi juga memperkuat identitas budaya Bali di panggung nasional.

Olahraga juga menjadi salah satu bidang yang menonjol di SMAN 1 Denpasar. Prestasi di bidang renang, basket, dan bulu tangkis semakin menambah deretan penghargaan yang berhasil diraih oleh Smansa.

Baca Juga :   Pemberdayaan Perempuan Desa: Meningkatkan Ekonomi Pedesaan di Era Digital

Pada tahun 2024, dua siswa Smansa berhasil mewakili Bali di tingkat nasional dalam ajang O2SN, yaitu I Putu Satya Wiweka Adnyana (bulu tangkis) dan I Made Wira Subali Dirgantara (renang).

Pencapaian lain yang sangat membanggakan adalah keberhasilan siswa Smansa dalam meraih Beasiswa Indonesia Maju (BIM) selama tiga tahun berturut-turut. Pada tahun 2023, siswa I Komang Ayu Ista Triyana diterima di Universitas New South Wales Australia, dan Norine Maeda di University of Toronto Kanada. Tahun 2024, Putu Kavya Santha Guna diterima di University of Sydney, Ketut Rayana Rahadiva Diana di National University of Singapore, dan Made Laksmi Priyahita di Kedokteran Umum UGM. Siswa BIM tahun 2024 yang sedang karantina di Jakarta adalah I Kadek Andika Ary Wiguna, I Putu Dickson Partha Hartopo, I Wayan Mangku Indra Nandana Sanjaya, dan Putu Audrey Charisma Hootara.

“Prestasi tersebut mengantarkan Smansa menjadi sekolah dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos BIM,” tambahnya.

Sebagai Kepala Sekolah, M. Rida mengungkapkan rasa bangga dan terima kasih kepada para siswa Smansa yang terus berprestasi, baik di bidang akademik maupun non-akademik.

Untuk mendukung pencapaian prestasi tersebut, sekolah akan terus berupaya menyediakan berbagai fasilitas untuk menunjang bakat dan minat siswa. Sekolah berkomitmen untuk memberikan yang terbaik bagi siswa, baik dari segi akademik maupun non-akademik.

“Semoga semangat dan dedikasi seluruh civitas akademika Smansa menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain untuk terus berkarya dan berprestasi,” pungkasnya. (sus)

Berikan Komentar