Pendidikan & Olahraga

Lulusannya Siap Kerja, SMK PGRI 4 Denpasar Siapkan Lab Pendukung Praktek

(Dutabalinews.com), SMK PGRI 4 Denpasar terus berupaya menjadi sekolah unggul, maju, dan diminati oleh masyarakat luas dengan mampu mencetak lulusan yang siap kerja.

“Untuk menjadikan sekolah tetap maju dan unggul, kami di SMK PGRI 4 Denpasar sudah menyiapkan SDM guru yang betul-betul berkompeten di masing-masing bidang,” ucap Kepala SMK PGRI 4 Denpasar, Drs. I Ketut Suarya, M.Pd., Rabu (7/8/2024) di sekolah setempat.

Suarya juga mengatakan bahwa di SMK PGRI 4 Denpasar, teori dan praktek sudah terus dipadukan, bahkan prioritas lebih banyak diberikan pada praktek.

“Kami menyiapkan laboratorium praktek langsung sebagai pendukungnya, sehingga ketika memasuki dunia kerja, para siswa SMK PGRI 4 Denpasar sudah siap kerja,” lanjutnya.

“Tanpa harus melanjutkan ke perguruan tinggi, para siswa SMK PGRI 4 Denpasar sudah siap kerja sesuai skill yang didapat di sekolah,” kata Ketut Suarya.

Lanjutnya, laboratorium praktek yang dimiliki SMK PGRI 4 Denpasar tidak kalah dengan hotel berbintang, seperti laboratorium kitchen yang sarana-prasarananya lengkap.

“Para siswa tinggal belajar dan langsung menggunakan fasilitas yang ada di laboratorium kitchen sebagai modal praktek. Dijamin, lulus praktek langsung bisa menerapkan skill-nya di dunia kerja,” terangnya.

Ia juga menyampaikan bahwa tidak hanya laboratorium kitchen yang dimiliki SMK PGRI 4 Denpasar, tetapi juga laboratorium lainnya seperti laboratorium komputer, laboratorium multimedia, dan lainnya.

Bahkan, sekolah ini sedang giat memasarkan kopi barista yang diolah dengan baik hingga menjadi kopi barista siap saji.

Selain itu, SMK PGRI 4 Denpasar juga memiliki laboratorium restoran sendiri yang tidak kalah dengan restoran berbintang yang bisa dijadikan tempat praktek, yaitu laboratorium restoran Paon Bogi (dapur makanan).

“Dari Paon Bogi ini akan menyajikan berbagai makanan siap saji layaknya yang ada di restoran berbintang,” imbuhnya.

Ketut Suarya juga mengatakan bahwa untuk mendukung SMK PGRI 4 Denpasar lebih maju lagi, pada tahun 2024 ini mereka berencana membuka kelas ekstra baru yakni kelas ekstra kecantikan.

“Ruangan untuk kelas ekstra kecantikan sudah disiapkan, dan guru untuk kelas ekstra kecantikan juga sudah ditentukan. Tinggal menunggu momen tepat untuk segera membuka kelas ekstra kecantikan,” ujarnya.

Baca Juga :   Huawei Indonesia Sediakan 1000 Akun Huawei Cloud E-Learning Service untuk Kuliah Daring bagi 500 Perguruan Tinggi di Indonesia

Ketut Suarya menambahkan bahwa SMK PGRI 4 Denpasar juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan industri dan hotel berbintang yang ada di Bali dan luar Bali.

“Menariknya lagi, di SMK PGRI 4 Denpasar, para siswa diberikan kesempatan magang di berbagai perusahaan industri dan hotel. Hampir semua siswa yang magang, ketika selesai magang langsung diterima bekerja di tempat magangnya,” tambahnya.

“Ini menunjukkan bahwa lulusan SMK PGRI 4 Denpasar sangat dibutuhkan di dunia industri dan hotel,” tutupnya. (sus)

Berikan Komentar