Sosial & Seni

Yonif 741/Garuda Nusantara Diberangkatkan ke Perbatasan RI-RDTL, Danrem 163 Tekankan Kedisiplinan dan Sinergi

(Dutabalinews.com), Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Ida Idewa Agung Hadisaputra, S.H., didampingi Ketua Persit KCK Koorcab Rem 163 PD IX/Udayana, Ny. Ayu Agung Hadisaputra, memimpin upacara pengantaran prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 741/Garuda Nusantara sebagai Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI – RDTL Tahun 2024 di Pelabuhan Benoa, Bali, Jumat (13/9/2024).

Dalam amanatnya, Danrem 163/Wira Satya, Brigjen TNI Ida Idewa Agung Hadisaputra, menyampaikan keyakinannya bahwa Satgas Pamtas Yonif 741/GN akan mampu melaksanakan tugas dengan baik, karena telah melewati semua tahapan latihan dan persiapan satgas, serta kesiapannya telah diperiksa secara berjenjang mulai dari tingkat Korem hingga Mabes TNI. “Saya yakin Satgas Pamtas Yonif 741/GN akan mampu melaksanakan tugas dengan baik,” ucap Danrem.

“Setelah upacara ini, kalian akan melaksanakan pergeseran pasukan menuju daerah penugasan di sepanjang perbatasan Kabupaten Belu dan Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Laksanakan pergeseran pasukan dengan tertib, taati peraturan yang berlaku, dan utamakan faktor keamanan selama perjalanan. Setibanya di daerah penugasan di masing-masing pos, lakukan serah terima dengan benar dan tanyakan hal-hal penting yang belum dimengerti, terutama yang berkaitan dengan inventaris pos dan permasalahan di daerah operasi masing-masing,” ungkapnya.

“Segera laksanakan orientasi baik terhadap aspek geografi, demografi, maupun kondisi sosial setempat, serta jalin kerjasama yang baik dengan instansi terkait lainnya agar dapat bersinergi dan didukung oleh semua pihak di daerah penugasan. Pahami dan kuasai tugas pokok serta tugas-tugas Satgas Pamtas RI-RDTL. Hindari pelanggaran sekecil apapun, serta pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan 8 Wajib TNI. Laksanakan pembinaan teritorial dengan memanfaatkan segala potensi di sekitar pos masing-masing guna meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah perbatasan,” pesannya.

Di akhir amanatnya, Danrem 163/Wira Satya menyampaikan harapannya agar Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, dan perlindungan kepada semua pihak. “Kerja tuntas di tapal batas. Laksanakan tugas dengan tulus dan ikhlas. Selamat bertugas!” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kaban Kesbangpol Provinsi Bali (mewakili Pj. Gubernur Bali), Asops Kasdam IX/Udayana (mewakili Pangdam IX/Udayana), Karo Ops Polda Bali (mewakili Kapolda Bali), Kasrem 163/WSA beserta istri, Danlanal Denpasar, Danlanud I Gusti Ngurah Rai, Kakesdam IX/Udayana, Kakumdam IX/Udayana, Kahubdam IX/Udayana, Danpomdam IX/Udayana, Kabekangdam IX/Udayana, Katopdam IX/Udayana, Kasirenrem 163/WSA beserta istri, Para Kasi Kasrem 163/WSA beserta istri, Kasansidam IX/Udayana, para Dandim jajaran Korem 163/WSA beserta istri, Danyonif 900/SBW beserta istri, Danyonzipur 18/YKR beserta istri, Dandeniteldam IX/Udayana, Dandenkav 4/SP beserta istri, serta Dan/Ka/Pa Satdisjan Rem 163/Wira Satya, Dan/Kabalakyan Rem 163/WSA, Dantimintelrem 163/WSA, GM PT Pelindo (Persero) Cabang Benoa, Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Benoa, dan Kepala Kantor Navigasi Pelabuhan. (penrem)

Berikan Komentar