Pembekalan Ratusan Saksi Relawan, Siap Amankan Caleg DPRD Bali Dwi Yustiawati,S.E.

(Dutabalinews.com), Sekitar 400 saksi relawan Ni Luh Kadek Dwi Yustiawati S.E., caleg DPRD Bali dapil Klungkung nomor urut 3 dari PDI Perjuangan, Selasa (3/4) sore di di Gedung Graha Kariana, Jalan By Pass Ida Bagus Mantra, Gianyar, mendapat perbekalan sekaligus pelatihan sebagai saksi pada Pileg 17 April mendatang.

Ratusan saksi yang sebagian besar dari kalangan anak muda itu berasal dari berbagai wilayah di Klungkung. Para saksi ini selain diberi pemahaman terkait pileg juga diharapkan ikut menjaga keamanan suara saat pencoblosan dari kemungkinan terjadinya kecurangan.

“Pelatihan saksi relawan kami ini sangat penting untuk pengamanan suara di TPS agar mereka paham apa saja tugas pokok, fungsi dan perannya di TPS. Jadi saksi tidak hanya duduk di TPS, tapi ikut mengawasi dan berani menyampaikan pendapatnya ketika terjadi pelanggaran atau kecurangan,” tegas Dwi Yustiawati, tokoh muda perempuan yang dikenal cerdas dan berjiwa sosial tinggi itu di sela-sela pelatihan.

Dwi Yustiawati yang merupakan istri dari tokoh Nusa Penida Ketua “Leo” Wijaya ini menambahkan suara yang telah diberikan di TPS harus dikawal dengan baik dan dipastikan aman dari pihak-pihak atau oknum yang ingin berbuat curang. “Karena itu kita siapkan saksi secukupnya di tiap TPS agar bisa mengamankan suara rakyat yang telah menyalurkan aspirasinya ini,” tambah Dwi Yustiawati seraya mengajak agar relawan mengajak warga lainnya sehingga golput bisa diminimalisir.

Ditanya soal peluangnya, Dwi Yustiawati mengatakan selama bertemu dengan masyarakat mendapat respon yang sangat luar biasa. “Masyarakat ingin melihat langsung figur yang akan mereka dukung dan tahu track recordnya. Kondisi ini tentu tidak terlepas dari apa yang sudah kita pernah perbuat, bukan janji-janji,” tambah tokoh perempuan yang juga aktif di Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Provinsi Bali ini.

Sementara itu salah seorang tokoh Nusa Penida Wayan Muka Udiana mengatakan pelatihan saksi relawan ini sangat penting agar suara masyarakat jangan sampai hilang. “Jadi mereka kita beri pemahaman agar bisa menjalankan tugas sebagai saksi khususnya untuk caleg Dwi Yustiawati,” tambahnya.

Baca Juga :   Kasal Beri Penghargaan Lanal Teladan Tipe B Kepada Lanal Denpasar

Dalam acara tersebut para relawan menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas serta mendukung Caleg Dwi Yustiawati yang pada pileg ini juga maju bersama kakak iparnya Made Satria sebagai Caleg DPRD Klungkung dapil Nusa Penida.
Di Klungkung pada Pileg dan Pilpres 2019 ini total jumlah pemilih sesuai DPT tercatat sebanyak 160.080 orang dengan 619 TPS. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar