Ayu Widyanita dan Cokorda Bagus Pradnyana, Jegeg Bagus Gianyar 2019

(Dutabalinews.com),
Setelah melewati berbagai seleksi, Ni Wayan Ayu Widyanita, Jegeg nomor urut 4 asal Kecamatan Sukawati dan Cokorda Gede Bagus Pradnyana Sanjaya, Bagus nomor urut 3 asal Kecamatan Gianyar, terpilih menjadi Jegeg dan Bagus Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar 2019 dalam Grand Final Jegeg Bagus Gianyar 2019 di Balai Budaya Gianyar, Sabtu, (4/5) malam.

Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar 2019 bertema “Back To Nature” atau kembali ke alam. Terpilihnya Ni Wayan Ayu Widyanita dan Cokorda Gede Bagus Pradnyana Sanjaya menjadi Jegeg dan Bagus Gianyar 2019 setelah lolos berbagai tahapan seleksi serta dinilai maupun diputuskan dewan juri. Malam penjurian telah dilakukan pada Kamis, 2/5, lalu.

Finalis Jegeg ataupun Bagus 2019 akan bertugas menyebarkan serta melestarikan pariwisata Gianyar.
Di samping menjadi ajang pelestarian budaya, kegiatan ini juga memilih duta Kebupaten Gianyar ke tingkat provinsi. “Pada Awal seleksi hingga acara Grand Final, kedua finalis ini memang mampu menjawab pertanyaan dari dewan juri. Mereka juga mampu menyisihkan 10 pasang finalis yang memiliki kemampuan yang baik,” ungkap Plt. Kadis Pariwisata Gianyar AA Dalem Jagadita.

Pasangan yang lolos telah mengikuti beberapa kali seleksi, seleksi pertama memilih 30 pasang dari 114 pendaftar di awal Januari. Selanjutnya dilaksanakan seleksi memilih 20 pasang dengan sistem test tulis serta interview tentang pariwisata, ekonomi, seni budaya sosial dan lingkungan.

Kemudian dilaksanakan seleksi memilih 10 pasang finalis yang mengedepankan Smart, Charming dan Hospitable. Yang lolos sepuluh besar diberikan pelbagai pembekalan, seperti sejarah pariwisata Gianyar, komunikasi dan public speaking, koreografi serta materi lain dan telah melalui proses penjurian beberapa waktu lalu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati Gianyar, Wakil Bupati Gianyar, DPRD Gianyar, sponsor, pembina, narasumber, dewan juri serta masyarakat Gianyar yang telah membantu kegiatan ini,” imbuhnya.

Wakil Bupati Gianyar, AA Gde Mayun dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Agung Mayun berharap kegiatan ini bisa dijadikan media yang mampu melahirkan generasi muda yang berbudaya serta mampu monsosialisasikan potensi pariwisata Gianyar di kancah dunia. Apalagi kegiatan ini juga dihadiri Jegeg Bagus se-Bali serta duta pariwisata dari daerah lain. Hal itu seharusnya mampu dijadikan momentum mengenalkan Gianyar.

Baca Juga :   PSR Anak Kandung Budaya: Kucilkan Kebudayaan, Ancaman Bagi Peradaban Bangsa

Pembangunan Gianyar bukan hanya fisik semata, namun juga membangun sumberdaya manusia, sehingga bisa bersaing di era global. “Saya ucapkan selamat kepara pemenang dan ingatlah juara bukan tujuan, melainkan tugas. Saya juga berharap media ini bisa dijadikan ajang dalam membangun Gianyar di berbagai bidang,” ucap Agung Mayun. (suar)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar