TP PKK Denpasar Bersinergi Dengan Komunitas Subak Lungatad, Tanam Pohon dan Tebar 13 Ribu Bibit Ikan

(Dutabalinews.com),Dalam upaya mengembangkan  dan melihat secara langsung potensi-potensi yang ada di Tukad Lungatad melalui Komunitas Peduli Sungai yang telah bergiat kurang lebih selama 1 tahun berjalan yang bernama Komunitas Lungatad Berseri bersinergi dengan TP PKK Kota Denpasar melaksanakan kegiatan pelestarian sumber daya air dan pengembangan keanekaragaman hayati, Jumat (21/5) di areal Subak Lungatad.

Dipimpin Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara dan Wakil Ketua Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, kegiatan dimulai dengan menyusuri jogging track di areal subak lungatad lalu menebar benih ikan lele dan nila di aliran irigasi subak lungatad serta di kolam yang dibuat oleh masyarakat, melalukan panen jamur, sayur-sayuran dan penyerahan bibit pohon.

Ketua TP PKK Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara mengungkapkan Komunitas Lungatad Berseri di dalam berkegiatan telah mampu melakukan kegiatan kebersihan disekitar bantaran sekaligus penebaran dan pemeliharaan berbagai jenis ikan, serta tanaman pangan.

“Kami termotivasi dengan semangat dan kreativitas kelompok warga masyarakat di Subak Lungatad dalam melakukan pemanfaatan ketahanan pangan hingga budidaya tanaman,” ujar Ny. Sagung Antari.

Hal ini juga menurut Ny. Sagung Antari tidak terlepas dari sinergitas bersama, dari peran serta beberappa perusahaan melalui dana  CSR hingga penggiat peduli lingkungan merangkul warga dan memotivasi bersama dalam ketahanan pangan dan penguatan ekonomi.

Di samping itu Ny. Antari Jaya Negara mengatakan 10 program pokok PKK disinergikan dengan OPD sebagai upaya gerak cepat dalam membantu pemerintah supaya program PKK bisa tersentuh langsung dengan masyarakat di bawah. Melalui sinergitas dengan OPD terkait dapat mengatasi permasalahan yang terjadi di masyarakat, seperti mengatasi stunting dan kurang gizi.

Sementara Ketua Komunitas Subak Lungatad, I Made Arta mengatakan produk unggulan Lungatad yaitu wedang jahe merah dimana pihaknya berharap Ketua TP PKK Kota Denpasar dapat membantu dalam pemasaran produk baik secara regional, nasional maupun nantinya secara internasional karena diminati oleh orang asing produk minuman kesehatan di masa pandemi.

“Harapan kami adalah dengan berkembangnya kegiatan Lungatad Berseri yang dapat menghasilkan sebuah produk juga nantinya untuk bisa mendukung  bantaran lungatad ini menjadi ekowisata yang meliputi wisata petik senyum bunga dan sekaligus sebagai tempat jogging track berfungsi kembali”, jelas Ketua Komunitas Lungatad Berseri Made Arta.

Baca Juga :   Agustinus Nahak,S.H.,M.H. Kembali Pimpin HAMI Bersatu Bali

Khusus pada kegiatan pelestarian sumber daya air serta pengembangan keanekaragaman hayati di Subak Lungatad Berseri, diserahkan bantuan berupa pohon salak sebanyak 20 buah, pohon palem 2 buah, bibit cabe 50 buah oleh  Tjandanarsa (Waja Motor Group) kepada Ketua TP PKK Kota Denpasar untuk ditanam di Subak Lungatad Berseri. Dan penebaran benih bibit ikan lele sebanyak 3.000 ekor dan bibit ikan nila 10.000 ekor. (ist).

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar