​Desa Dauh Puri Kauh Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Pertanian di Perkotaan

(Dutabalinews.com),Kegiatan ketahanan pangan nabati dan hewani dilaksanakan Desa Dauh Puri Kauh, Kecamatan Denpasar Barat pada Jumat (2/9) pagi di lahan pertanian di Jalan Pulau Misol dihadiri oleh jajaran Pemerintah Desa dipimpin Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, Kepala Dusun, BPD dan LPM.

Perbekel Desa Dauh Puri Kauh, I Gusti Made Suandhi mengatakan hasil panen dalam kegiatan ketahanan pangan nabati dan hewani ini diperuntukkan bagi 26 KK warga masyarakat yang kesulitan ekonomi atau masih terdampak pandemi covid. Kegiatan ini sejalan untuk merealisasikan salah satu rencana kerja pemerintah Desa Dauh Puri Kauh di tahun 2020.

“Kami membangun area pertanian serta peternakan di tengah perkotaan ini berlokasi di Jalan Pulau Misol sejak bulan Juni tahun 2021 diatas lahan seluas 15 are. Disini membudidayakan berbagai jenis buah, sayuran dan peternakan Lele. Sejak digunakannya lahan ini sebagai lahan pertanian  dan peternakan sudah empat kali panen. Hari ini kami memanen terong, tomat, mentimun, kacang panjang, cabe, pisang dengan total berat mencapai 90 kg dan ternakan Lele rencananya akan dipanen sebulan lagi dan akan langsung disalurkan ke masyarkat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, tujuan kegiatan ini karena tergerak untuk membantu warga yang membutuhkan. “Pendirian lahan pertanian  di tengah kota ini pada dasarnya berawal juga dari ide memanfaatkan lahan kosong milik masyarakat dan memang diperuntukan untuk memberdayakan warga yang terdampak covid agar dapat bertahan memutar roda kehidupan. Semoga inisiatif kami ini terus berlanjut dan menginspirasi warga desa lainnya di Kota Denpasar,” ucapnya. (ist) 

Baca Juga :   Gedung IPSA Pak Oles, Meneliti Pertanian Organik dan Teknologi EM

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar