Pariwisata & Budaya

Aksi Nyata Semeton Jegeg Bagus Gianyar Terhadap Pariwisata

Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Gianyar, I Wayan Gde Mudita Pradhana, S.T. mengatakan terdapat berbagai macam kegiatan yang digelar dalam momen World Tourism Day 2023 ini.

“Berbagai macam kegiatan yang dilakukan sebagai aksi nyata terhadap sosial lingkungan, pelestarian budaya, peduli UMKM, serta memberi ruang dalam meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap Pariwisata di Kabupaten Gianyar melalui lomba fotografi, mini vlog, dan esai ilmiah, serta acara talkshow”, ungkapnya.

Mudita menjelaskan rangkaian kegiatan diawali dengan Penyemprotan eco enzyme keliling di wilayah Ubud untuk menurunkan tingkat polusi udara akibat kepadatan kendaraan. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Gianyar Menari dan Penuangan eco enzyme ke Tukad Campuhan. Tujuannya untuk meningkatkan kualitas air sungai Campuhan Ubud dan kawasan lain yang dialiri.

Kadis Pariwisata Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Kabid Sumber Daya Pariwisata turut hadir dan membuka kegiatan ini melalui penyemprotan eco enzyme ke udara.

Koordinator Forum Penggiat Lingkungan Bali, I Wayan Puja turut berpartisipasi memberikan materi sosialisasi dan demonstrasi terkait pembuatan eco enzyme secara langsung.

Terdapat pula dua talkshow menarik dengan narasumber yang ahli dibidangnya. Talkshow 1 yang mengangkat tema “Gianyar in Twenty Years” menghadirkan narasumber diantaranya Tjok. Gde Bayuputra Sukawati (Ketua BPPD Kabupaten Gianyar), I Wayan Gede Ari Danangga (Ketua Komunitas Ekonomi Kreatif Kabupaten Gianyar), dan I Wayan Gde Mudita Pradhana (Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Gianyar).

Dilanjutkan dengan talkshow 2 yang mengangkat tema “Essence being Balinese: Women Perspective”, talkshow kedua ini menghadirkan narasumber perempuan yakni Ni Made Pebriyani Dewi (Sekretaris Maharani Kemala Foundation) dan Luh Putu Pradnyanitya Pastini, S.Psi. (MC, Presenter Profesional) yang keduanya merupakan jebolan dari Semeton Jegeg Bagus Gianyar.

Dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak, semakin mewarnai kegiatan ini. Selain mewadahi UMKM untuk berjualan dalam acara ini, terdapat pula stand Donor Darah PMI Gianyar. Tujuannya untuk mewadahi masyarakat Gianyar yang ingin turut berpartisipasi dalam aksi sosial ini. Setiap pengunjung yang hadir juga turut diberikan eco enzyme secara gratis.

Baca Juga :   Upakara "Pemelaspas dan Mendem Pedagingan" di Pura Desa dan Pura Puseh Desa Adat Kerobokan Kuta Utara Badung, Bupati Badung Serahkan Bantuan Rp1,9 Miliar

Kegiatan yang dihadiri oleh peserta lomba, berbagai organisasi kepemudaan, dan masyarakat umum ini turut menghadirkan beberapa hiburan sebelum dilanjutkan pada acara yang paling dinantikan, yaitu pengumuman lomba yang terdiri dari lomba minivlog, fotografi dan esai ilmiah. Seluruh Juara 1,2,3, dan favorit dari lomba yang diselenggarakan sebagai wadah berkreasi anak muda dalam pelestarian Pariwisata Gianyar tersebut mendapatkan hadiah dari berbagai sponsor yang telah mendukung kegiatan ini. (ist)

Berikan Komentar