Global

Langkah Rohto Pada Pengembangan Riset dan Fasilitas Stem Cell di Indonesia 

(Dutabalinews.com),PT. Rohto Laboratories Indonesia mengalami pertumbuhan bisnis yang signifikan dalam beberapa tahun ini. Menjawab tantangan tersebut, Rohto Indonesia melakukan perluasan lini produksi dalam mengantisipasi kebutuhan sarana produksi untuk produk tetes mata dan juga alat kesehatan lensa intraocular.

Acara peresmian perluasan pabrik yang berlokasi di Cimareme, Bandung Barat, Jawa Barat, tersebut dilakukan pada Selasa (21/11/2023). Hadir dalam acara sejumlah perwakilan Rohto yakni Chairman & CEO Rohto – Mentholatum Group Companies Kunio Yamada, President & CEO The Mentholatum Company Masaya Saito, President Director PT. Rohto Laboratories Indonesia Mukdaya Massidy, Kepala Balai Besar POM di Bandung I Made Bagus Gerametta, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPMPPT) KKB Toni Prihantoro, Kepala Dinkes KBB Hernawan Widjajanto, dan sejumlah perwakilan Rohto Indonesia, Rohto Jepang, serta rekanan lainnya.

Inagurasi ini dilaksanakan dengan beberapa sesi kegiatan, diantaranya berupa upacara peresmian perluasan pabrik, pemotongan pita, hingga tur keliling pabrik.

“Pada hari ini, kami dengan bangga meresmikan perluasan pabrik Rohto Indonesia yaitu perluasan lini produksi tetes mata dan alat kesehatan. Investasi bernilai lebih dari 120 Milyar Rupiah ini, menghadirkan teknologi terbaru dan modern dalam upaya menghasilkan produk yang berkualitas dan peningkatanan kapasitas produksi tetes mata yang semula 18 juta botol dalam setahun menjadi 35 juta botol dalam setahun yang sesuai dengan standar Good Manufacturing Practice yang terbaru. Kami yakin, penambahan lini baru dari fasilitas tetes mata yang dilengkapi mesin filling dengan sistem CSIP otomatis dan clean booth yang menggunakan teknologi RABS (Restriction Access Barrier System) dengan glove access system dapat meminimalkan  intervensi  operator sehingga menjamin kualitas produk yang diterima oleh konsumen.,” ujar Mukdaya Massidy, President Director PT. Rohto Laboratories Indonesia.

Sebagai informasi, sebelumnya PT. Rohto Laboratories Indonesia telah melakukan peletakan batu pertama dan memulai proses konstruksi untuk perluasan lini produksi ini pada bulan Juli 2022 yang lalu.

Kunio Yamada, Chairman & CEO Rohto Group – Mentholatum Group Companies mengatakan bahwa saat ini Rohto fokus untuk memproduksi produk tetes mata dan alat kesehatan yang memiliki permintaan yang besar di Indonesia, sehingga Rohto Indonesia menggunakan teknologi yang baru dan modern. Rohto juga sedang melakukan pengembangan fasilitas Sel Punca atau Stem Cell di Indonesia.

Baca Juga :   Launching Virtual Buku Puisi Suara Hati Guru di Masa Pandemi Covid-19

“Saat ini, kami juga berfokus untuk pengembangan fasilitas Sel Punca ata Stem Cell, yang nantinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia. Sel Punca berpotensi untuk mengobati serta terapi berbagai macam penyakit seperti scoilosis, diabetes, kardiovaskular dan penyakit lainnya yang terjadi akibat kelainan genetik. Rohto berharap kedepan kami dapat menyediakan tempat dan pelayanan terbaik, sebagai tindakan preventif atas kebutuhan akomodasi kesehatan di Indonesia.” ujar Kunio.

Rohto Laboratories Indonesia juga menjadi satu-satunya perusahaan di Indonesia yang secara konsisten melakukan inovasi dan pengembangan produksi alat kesehatan berupa lensa tanam katarak (Intra Ocular Lens). Sehingga perluasan fasilitas yang ada saat ini sangat diperlukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan di dalam dan luar negeri.

“Melalui perluasan ini, kami juga ingin menunjukkan dedikasi kami dengan selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan melalui produk-produk Rohto. Dengan melakukan research dan inovasi setiap tahunnya, Rohto Indonesia akan selalu menciptakan produk terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat,” tambah Mukdaya.

Rohto Indonesia akan terus berkontribusi dalam mewujudkan “a healthy future for all” dan kami terus bertekad sesuai filosofi Rohto Group untuk “connect for well-being” bagi semua.

Tentang Rohto

Rohto pertama didirikan pada tahun 1889 sebagai Apotek Shintendo Yamada Anmin, toko obat keluarga yang dijalankan oleh Yasutami Yamada di Osaka, Jepang. Perusahaan ini adalah pelopor dalam obat bebas dan produk perawatan kesehatan konsumen. Lima puluh tahun kemudian, apotek tersebut berubah menjadi ROHTO Pharmaceutical Company, Ltd. dan sekarang Rohto Pharmaceutical Company, Ltd adalah salah satu perusahaan terkemuka yang terdaftar di Bursa Efek Tokyo dan Osaka.

Mentholatum didirikan pada tahun 1889 di Wichita, Kansas. Berawal sebagai pemasok kecil untuk sabun dan perlengkapan mandi, Mentholatum tumbuh menjadi produsen dan distributor obat non-resep internasional dengan reputasi kualitas dan nilai yang baik. Pada tahun 1988, ROHTO Pharmaceutical Company, Ltd. mengakuisisi The Mentholatum Company, Inc.

Saat ini gabungan dari grup ROHTO telah membentuk perusahaan di 28 negara dengan produk yang tersedia untuk pelanggan di lebih dari 130 negara. ROHTO dan Mentholatum terus berinovasi untuk menghasilkan produk – produk berdasarkan research and science. Di Indonesia, Rohto juga dikenal sebagai produk obat tetes mata berkualitas dan terpercaya yang masuk ke pasar Indonesia sejak tahun 1934 dan menjadi yang sangat terkenal hingga sekarang. (ist) 

Berikan Komentar