Ekonomi & Bisnis

​Ketua Organda Bali: Jelang Liburan Panjang Angkutan Bus Akan Alami Lonjakan Penumpang

(Dutabalinews.com),Ketua Organda Bali I Ketut Eddy Dharma Putra memprediksi akan kembali ada lonjakan penumpang terutamanya untuk angkutan bus. Lonjakan penumpang dipastikan naik sampai 10%.

Pemilik usaha angkutan bus Restu Mulya ini menjelaskan menjelang liburan panjang ini diperkirakan jumlah kendaraan akan bertambah baik dari kendaraan roda 2 maupun roda 4. “Di saat itu pasti akan menimbulkan kemacetan yang cukup tinggi yang membuat kurang rasa nyaman ketika liburan,” jelasnya, Senin (25/3).

Mengantisipasi kurang rasa nyaman yang diakibatkan terjadi kemacetan, maka pilihan masyarakat pastinya tertuju  kepada angkutan bus, selain nyaman juga akan cepat bisa sampai ke tempat tujuan.

Kenapa masyarakat ketika liburan tiba bepergian naik nangkutan bus. Karena selin nyaman, dan cepat sampai tujuan. Pastinya di dalam angkutan bus ada teman untuk bisa saling berbagai cerita.

“Selain itu, layanan angkutan bus sekarang juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas seperti AC, TV maupun Wifi. Pokoknya naik angkutan bus pasti nyaman, dan cepat tiba sampai tujuan,” ucapnya.

Eddy Dharma Putra menceritakan ketika tahun 1970 masyarakat sudah mulai diperkenalkan dengan angkutan umum yang difungsikan sebagai angkutan jasa untuk bisa berpergian kemana-mana seperti kendraan roda 4 dengan sebutan Kol atau roda 3 dengan sebutan Bemo kala itu.

Karena kendaraan lama sudah memasuki usia sampai 20 tahunan, dan kendaraan tersebut sudah tidak bisa difungsikan lagi kelayakannya.

Pemerintah pun mencarikan solusinya dengan membuat terobosan baru lewat menggelontorkan angkutan bus medium yang sekarang disebut dengan Bus Trans Metro Dewata. “Dimana angkutan yang sekiranya bisa difungsikan dengan baik sebagai angkutan penumpang untuk bepergian dari satu tempat ke tempat tujuan,” terangnya.

Ditambahkan, di saat liburan panjang selain Bus Pariwitasa, Bus Trans Metro Dewata juga ada Bus AKAP yang akan beroperasi. Jadi masyarakat ketika melaksanakan liburan panjang, baik liburan sekolah, Idul Fitri atau liburan lainya, masyarakat sudah tidak perlu khawatir karena sudah ada back-up kendaraan angkutan bus.

Organda Bali sendiri sudah jauh-jauh hari juga mengantisipasi semua itu, baik mengantisipasi terkait kendaran lewat rutin melakukan pengecekan. “Bahkan mengajak para pengusaha supaya diupayakan kendaraan angkutan bus bisa sepenuhnya beroperasi ketika liburan panjang ini,” tambahnya. SUS

Berikan Komentar