Sosial & Seni

Tema Dharma Santhi Nasional 2024: Inspirasi Hidup dan Kebahagiaan

(Dutabalinews.com), Prof. M. Ali Ramdhani, Sekretaris Kementerian Agama RI, menyebut tema Dharma Santhi Nasional Tahun 2024 memberikan inspirasi dalam mengartikan perjalanan hidup. Beliau juga mengapresiasi penyelenggaraan acara bertema ‘Sat Cit Ananda, untuk Indonesia Jaya’.

“Saya mendapat pencerahan tentang tema acara ini, seperti yang diungkapkan ketua PHDI bahwa tema ini memiliki tiga makna: kebenaran, kesadaran, dan kebahagiaan,” ungkap Ramdani.

Ramdhani, yang mewakili Wakil Presiden dan Menteri Agama, menyampaikan permintaan maaf atas ketidakhadiran Menag.

“Menteri Agama seharusnya hadir dalam acara ini, namun karena alasan tertentu, beliau menugaskan saya untuk mewakili,” tuturnya.

Acara Dharma Santhi Nasional diselenggarakan sejak bulan Maret 2024, dengan puncak acara pada 25 April 2024 yang dimeriahkan dengan penampilan seni dan hiburan. Hadir dalam acara tersebut adalah Ketua PHDI Pusat, Dharma Adhyaksa, Rektor Perguruan Tinggi Hindu, tokoh umat Hindu, dan perwakilan organisasi Hindu di Indonesia.

Ramdhani menyampaikan perayaan Dharma Santhi sebagai pengingat untuk selalu berada dalam jalur yang tepat. Beliau menilai tiga makna tema tersebut dapat menjadi pedoman dalam kehidupan sosial dan keagamaan.

“Hari ini kita merayakan dharma santi, sebagai pengingat tentang nilai kebenaran dan kesadaran untuk menjadi yang terbaik di hadapan Tuhan dan sesama manusia, sehingga mencapai kebahagiaan,” paparnya.

“Maka hari ini kebenaran harus menjadi dasar dalam memunculkan kesadaran untuk mencapai kebahagiaan,” tambah Ramdani.

Beliau juga menyebut salah satu slogan dalam sastra Hindu yang menekankan kebersamaan.

“Ada satu slogan umat Hindu yang luar biasa, Wasudhaiva Kuthumkabkam, artinya semua manusia adalah bersaudara. Ini dapat menjadi dasar dalam menjalin hubungan sosial antar manusia, tanpa memandang perbedaan,” ucapnya.

“Sekali lagi atas nama pemerintah dan Kementerian Agama, kami mengucapkan selamat atas perayaan Hari Suci Nyepi saka 1946/2024 Masehi,” tutupnya.”

Berikan Komentar