Pendidikan & Olahraga

​Ciptakan Minuman Herbal Berbahan Daun Alami , Tim SMAN 1 Denpasar Raih Medali Emas Di Ajang WYIE Di KLCC Malaysia 2024

(Dutabalinews.com),Kepala SMAN 1 Denpasar, M. Rida. S.Pd. M.Pd mengatakan tim SMAN 1 Denpasar berhasil menyabet medali emas dalam ajang World Young Inventors Exhibition (WYIE) yang diadakan di gedung Kuala Lumpur Convention Center (KLCC) Malaysia dari tanggal 16 s/d 18 Mei 2024.

“Lomba WYIE yang diselenggarakan oleh Malaysian Invention and Design Society (MINDS) diikuti 700 tim oleh 15 Negara, tim SMAN 1 Denpasar berhasil meraih medali emas,” kata M. Rida, Rabu (22/5/2024). Lanjutnya, saat itu tim SMAN 1 Denpasar berhasil mengambil hati para juri dengan mengangkat karya bertajuk Mariselle: Combination of Amaranthus Tricolor, Stevia Reboudiana, Sechium Edule as Hemoglobin Booster.

Saat itu tim SMAN 1 Denpasar beranggotakan 6 orang siswa masing-masing atas nama Ida Bagus Bhisma Dinatha Adhyaksa, Putu Errel Adhea Intaran, I Made Panji Mas Wirawinatha.

“Made Galuh Mas Ayodyaswari Sedana, Ni Luh Sekar Mutiara, dan Ni Nyoman Maya Pramesti yang berhasil ciptakan minuman herbal untuk membantu proses pembentukan hemoglobin dengan bahan daun alami,” ucapnya.

M. Ride menjelaskan pemembuatan memformulasikan obat herbal penambah hemoglobin dari bahan alami adalah berangkat dari maraknya kasus Anemia yang terjadi di Indonesia maupun Dunia.

Membuat tim SMAN 1 Denpasar tergerak untuk melakukan terobosan atau menciptakan inovasi untuk mempercepat proses pembentukan hemoglobin dari bahan-bahan alami seperti daun bayam merah (Amaranthus Tricolor), daun manis (Stevia Reboudiana), dan daun labu siam (Sechium Edule).

Dimana dalam daun ini dirasakan memiliki kandungan Flavonoid, Tanin, Saponin, dan Alkaloid yang dapat merangsang produksi eritrosit. “Dengan karya inovatif ini membawa nama Indonesia khususnya SMAN 1 Denpasar menjadi tambah gemilang, berhasil meraih medali emas,” jelasnya.

Sembari menambahkan dengan pencapaian prestasi para siswa SMAN 1 Denpasar yang begitu gemilang ini tentu membangkan nama sekolah, dan terlepas itu juga sangat dirasakan membanggakan orang tua siswa yang dikarena peserta didiknya mampu meraih prestasi di tingkat internasional.

Tiang selaku Kepala SMAN 1 Denpasar sangat berbangga dan mengapresiasi sekali atas pencapaian prestasi yang diraih para siswa yang begitu luar biasa ini. “Berharap prestasi internasional ini bisa memotivasi para siswa yang lainya untuk bisa terus berprestasi juga diberbagai bidang yang ada sesuai kemapuan (skil) yang dimiliki,” pungkasnya.SUS

Berikan Komentar