Pendidikan & Olahraga

Undiksha dan Unnes Berkolaborasi untuk Optimalisasi Program MBKM Mandiri

(Dutabalinews.com), Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) bersama Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggagas kolaborasi untuk optimalisasi pelaksanaan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) mandiri. Kedua perguruan tinggi ini melakukan pembahasan mendalam pada Kamis (27/6/2024).

Pembahasan ini berlangsung di Kampus Undiksha, Singaraja, Bali, diawali dengan pertemuan antara Wakil Rektor Undiksha Bidang Akademik dan Kerjasama, Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I., dengan Wakil Rektor Unnes Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Zaenuri, M.Si., Akt. Kedua pimpinan ini didampingi jajaran pimpinan dari fakultas terkait.

Wakil Rektor Undiksha, Prof. Rasben Dantes, menyampaikan bahwa Undiksha telah melaksanakan MBKM Mandiri sejak tahun 2019. Pelaksanaannya terus dimantapkan seiring dengan kebijakan MBKM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Kolaborasi ini terus diperkuat dan diperluas untuk memperkaya pengalaman dan wawasan akademik mahasiswa. “Kami berharap kolaborasi MBKM Mandiri ini dapat terbangun dengan Unnes,” ungkapnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Rektor Unnes, Prof. Zaenuri. Ia menyatakan bahwa Unnes memiliki komitmen yang sama dengan Undiksha untuk melaksanakan program MBKM dengan lebih baik. Salah satu program MBKM yang dapat dikolaborasikan adalah Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Pihaknya juga sangat terbuka untuk berkolaborasi dalam program lain, seperti pertukaran dosen maupun program Tri Dharma Perguruan Tinggi lainnya.

Pada pertemuan ini, pembahasan program MBKM lebih fokus pada bidang Ilmu Pendidikan dan bidang Olahraga. Selain itu, pertemuan ini juga diisi dengan pencermatan kurikulum masing-masing fakultas dan mekanisme pengelolaan program MBKM Mandiri di masing-masing universitas. (hms)

Baca Juga :    Srikandi Undiksha Raih Tiga Medali di Ajang IPB Archery Open Online 2021

Berikan Komentar