Majukan Pertanian, Gus Adhi Janjikan PPL Berprestasi Studi Banding ke Luar Negeri

(Dutabalinews.com),PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) diminta kerja keras membantu petani agar semangat bertani terus meningkat.

“Jadi saya minta PPL terus mendampingi petani sehingga produksi pertanian semakin meningkat dan petani bisa sejahtera,” ujar Anggota Komisi IV DPR RI yang membidangi pertanian, pangan, maritim, dan kehutanan Anak Agung Bagus Adhi Mahendra Putra yang akrab disapa Gus Adhi di sela-sela penyerahan bantuan Rice Milling Unit (RMU) di Subak Gunung Sari, Banjar Sumampang, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Kamis (4/4/2019).

Gus Adhi menilai keberadaan PPL sangat strategis dalam membantu petani. Karena itu politisi Partai Golkar yang kini sebagai Caleg DPR RI dapil Bali ini minta PPL bekerja keras bersama petani sama-sama memajukan pertanian.

Gus Adhi juga mengatakan PPL yang berprestasi akan diajak studi banding ke luar negeri untuk meningkatkan kemampuannya sehingga nantinya bisa diterapkan di petani. “Jadi PPL yang berprestasi kita beri reward untuk studi banding ke luar negeri,” tegas Gus Adhi yang juga Ketua SOKSI Bali ini.

Di sisi lain, Gus Adhi memuji semangat petani di Subak Gunung Sari yang mampu meningkatkan produksinya hingga rata-rata 12 ton gabah per hektar.

Dalam kesempatan tersebut Gus Adhi kembali menegaskan komitmen dan totalitasnya berjuang memajukan pertanian Bali di segala aspek melalui inisiatif progam 4G AMP (Gerakan Arah Maju Pertanian) yang juga telah diusulkan kepada Menteri Pertanian agar bisa menjadi program nasional.

4G AMP itu, pertama optimalisasi Subak di Bali atau kelompok tani di daerah lainnya di Indonesia. Kedua, melengkapi sarana dan prasarana pertanian di subak atau kelompok tani.

Ketiga, dalam rangka kemandirian subak atau kelompok tani, perlu didampingi permodalan dengan mensinergikan dengan pihak ketiga, seperti bank tani atau pengusaha. Dan
keempat, melakukan pendampingan di bidang iptek. (bas)

Baca Juga :   Komit Jaga Lingkungan, Pelindo III Kembali Tanam 50 Ribu Pohon Mangrove di Kawasan Pesisir Benoa

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar