Innaugurasi Angkatan Panca Pradana SMA Taruna Mandara, Mangku Pastika: Jadilah Taruna yang Hebat dan Bertanggung Jawab

(Dutabalinews.com),Pendiri Yayasan Mandara Sejati Dr. Made Mangku Pastika,M.M. secara resmi mengukuhkan atau melantik calon Taruna Panca Pradana SMS Taruna Mandara Singaraja dengan menyematkan baret ke salah satu perwakilan calon Taruna Angkatan Panca Pradana, Minggu (17/7), bertempat di lapangan Basket Candra Dimuka SMA Taruna Mandara.

Mantan Gubernur Bali dia periode ini mengimbau para taruna nantinya harus menjadi taruna yang hebat dan bertanggung jawab seperti janji taruna sesuai motto “Spirit, Skill, Stamina”. Dimana Spirit diartikan sebagai semangat juang dan tidak pernah menyerah atau No Surrender, Skill yaitu mempunyai suatu kelebihan dan bakat dan Stamina mempunyai semangat juang dan tangguh berdaya tahan kuat.

“Saya berharap taruna yang bersekolah di SMA Taruna Mandara nantinya dapat menjadi pemuda yang tangguh dan ulet dalam menghadapi hidup ke depannya yang penuh persaingan,” tegasnya.

Mangku Pastika juga menyampaikan keberhasilan SMA Taruna Mandara dalam mengantar anak didiknya mencapai cita-citanya, seperti beberapa taruna sudah berhasil lolos seleksi Bintara. Dalam kesempatan tersebut mantan Kapolda Bali ini juga menyampaikan terima kasih kepada orangtua siswa yang telah mempercayakan anaknya dididik bersekolah di SMA Taruna Mandara.

Ketua Yayasan Mandara Sejati Putu Pasek Sandoz Prawirottama menyampaikan bahwa peserta didik baru angkatan Panca Pradana wajib mengikuti aturan sekolah terutama yang tercantum dalam janji taruna. Sandoz juga mengimbau agar para Taruna nantinya diarahkan memiliki kesemaptaan fisik, kemampuan bahasa Inggris, physiology, prestasi perorangan yang memadai, dan juga dapat mengembangkan kemampuan leadership dan entrepreneurship.

Sandoz pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada orangtua atas kepercayaan untuk menyekolahkan anaknya di SMA Taruna Mandara. Kegiatan innauguration ini merupakan rangkaian acara sekolah berasrama SMA Taruna Mandara yang diselenggarakan dalam rangka pengukuhan Taruna SMA Taruna Mandara.

Pengukuhan diikuti oleh 57 peserta didik baru angkatan Panca Pradana yang tersebar dari berbagai daerah, di antaranya Provinsi Bali yang terdiri dari 52 peserta yang berasal dari 7 kabupaten yaitu Kabupaten Buleleng 25 orang, Denpasar (8 orang) , Badung (5 orang), Bangli (1 orang), Gianyar (1 orang), Karangasem (7 orang) dan Tabanan 5 orang. Luar Provinsi Bali yakni Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Kepulauan Riau dan Papua terdiri dari 5 peserta yang berasal dari Banyuwangi berjumlah 1 orang, Indramayu 1 orang, Jakarta Timur 1 orang, Batam 1 orang, dan Jayapura 1 orang.

Baca Juga :   Majukan Gateball, Dewa Susila: Bali Siapkan Wasit Bersertifikasi Nasional hingga Berkelas Internasional

Kepala SMA Taruna Mandara I Putu Mahendra Sumo Murti menyampaikan terima kasih kepada orangtua siswa yang sudah mempercayakan SMA Taruna Mandara untuk membina, mendidik, dan melatih anak-anaknya. Kepala sekolah juga menanyakan kepada Taruna Panca Pradana mengenai kesiapan mereka menjadi siswa atau taruna di SMA Taruna Mandara yang dirangkum menjadi janji Taruna.

Adapun janji taruna itu meliputi 1. Tetap Bersemangat, disiplin, berani, jujur dan bertanggung jawab. 2. Terus belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh. 3. Berdaya tahan dan tidak mengenal menyerah. 4. Taat kepada guru dan peraturan sekolah.

Sementara salah satu perwakilan Taruna Angkatan Panca Pradana, Hael Van Petra Napfrito Rollo yang berasal dari Jayapura, Papua menyampaikan terima kasih kepada sekolah SMA Taruna Mandara karena sudah diberikan kesempatan untuk bergabung dan melatih kemandirian di SMA Taruna Mandara. Harapan mereka bersekolah di SMA Taruna Mandara bisa dibimbing dan dibina dengan baik untuk menjadi taruna yang disiplin, mandiri, jujur dan bertanggung jawab, agar kelak tamat bisa melanjutkan impian dan cita-cita mereka.(rah) 

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar