Relawan PMI Bali Terima Lencana Wira Utama dari JK

(Dutabalinews.com),Sebagai garda terdepan dan jantung organisasi, Relawan PMI memiliki peran yang sangat vital dalam melaksanakan mandat PMI sesuai ketentuan perundangan. Sumbangsih relawan sudah tidak diragukan lagi berbagai macam layanan kemanusiaan baik dalam situasi darurat ataupun normal dengan skala kecil ataupun besar kiprah PMI yang dilaksanakan oleh Relawan PMI sudah terlihat nyata.

Tsunami Aceh tahun 2004 merupakan operasi kemanusiaan terbesar yang pernah dilakukan oleh PMI sampai saat ini, untuk mengapresiasi peran relawan PMI pada saat itu Presiden RI ke‐6 Bapak Susilo Bambang Yudono menetapkan bahwa tanggal 26 Desember sebagai Hari Relawan PMI yang diperingati setiap.

Selain hari Relawan PMI, di bulan Desember tepatnya tanggal 5 Desember juga diperingati sebagai Hari Relawan International  yang merupakan sebagai bentuk pengakuan kepada relawan seluruh dunia atas peran untuk membuat kehidupan dan masa depan yang lebih baik lagi.

Melalui peringatan hari relawan PMI tahun 2023 ini, PMI ingin memberikan apresiasi kepada relawan atas sumbangsih yang telah diberikan selain itu juga diharapkan relawan PMI bisa menjadi rule model bagi masyarakat untuk bersama‐sama melakukan hal keci namun dapat berdampak secara global.

Peringatan Hari Relawan PMI tahun 2023 mengusung tema “Bersatu dalam Kerelawanan” yang dilaksanakan terpusat di Pendopo Amangkurat Kabupaten Tegal pada Selasa, 26 Desember 2023. Pada puncak acara Peringatan Hari Relawan PMI ini dihadiri Bupati Tegal Umi Azizah dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla. Kemudian dengan pengurus PMI Kabupaten Tegal dan Pengurus PMI dari berbagai daerah termasuk Bali.

Dalam kesempatan ini, Relawan PMI Kabupaten Buleleng I Nyoman Budiadnyana menerima Lencana Wira Utama tahun 2023 untuk relawan PMI setelah melalui proses seleksi di Markas Pusat PMI berdasar kiprah dan pengabdian yang diberikan untuk PMI. Lencana Wira Utama diberikan kepada 9 relawan dari 9 daerah yang secara langsung disematkan oleh Ketua Umum PMI Bapak H. M. Jusuf Kalla.

Budiadnyana selaku relawan PMI dari Bali yang menerima penganugerahan Lencana Wira Utama menyampaikan perasaan senang melihat PMI saat ini semakin memperhatikan relawan dengan memberikan penghargaan. walaupun sebenarnya penghargaan bisa dalam berbagai hal. Seperti memberikan kesempatan relawan dalam penugasan-penugasan, pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidangnya. Termasuk memberikan kesempatan relawan berkreasi untuk kemajuan PMI, perekrutan anggota dengan tetap mengikuti aturan-aturan main dalam kegiatan PMI.

Baca Juga :   Trisno: Jelang Nyepi Transaksi Meningkat

Budiadnyana juga berharap agar para relawan jangan hanya memikirkan apa yang didapatkan dari PMI dengan menjadi relawan tetapi tetaplah berkarya sebanyak mungkin untuk kemanusiaan, seperti pesan yang sering saya dengar “Jangan berharap PMI bisa memberikan sesuatu kepada relawan, melainkan apa yang bisa diperbuat oleh relawan untuk kemajuan PMI’ imbuhnya.

Selain pemberian penghargaan kepada relawan PMI, puncak kegiatan Peringatan hari Relawan PMI tahun 2023 juga di semarakkan dengan berbagai kegiatan antara lain Kick off gerakan penanaman pohon 1 relawan 10 pohon, Penyerahan Plakat Akreditasi PMI Provinsi serta Peluncuran buku Pedoman Manajemen Relawan. Selamat memperingati Hari Relawan PMI, Bersatu dalam Kerelawanan untuk PMI yang lebih kuat dalam pelaksanaan tugas-tugas mulia kemanusiaan. (ist) 



Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar