“Bali’s Best Eats 2019”, Foodies dan Reflections Beri Metis Penghargaan Restaurant of the Year

(Dutabalinews.com),Setelah sukses dengan penghargaan Bali’s Best Eats perdana pada tahun 2018, majalah premium berbahasa Inggris untuk makanan dan minuman di Indonesia, Foodies, bersama dengan Reflections, brand air mineral premium di Indonesia kembali dengan penghargaan Bali’s Best Eats beserta buku panduannya pada tahun 2019.

Top 40 Best Restaurants 2019 diumumkan pada ajang tahunan kedua Bali’s Best Eats Awards yang dipersembahkan oleh FoodieS dan AQUA Reflections ini berlangsung di The Ritz-Carlton, Bali, Kamis (5/12/2019) malam. Penghargaan khusus Restaurant of the Year diberikan kepada Metis, restoran fine dining dengan gaya French-Mediterranean yang menawarkan pengalaman sensorik di daerah Seminyak.

Sementara Agung Gede, seorang seniman kuliner dan executive chef dari The St. Regis Bali Resort dinobatkan sebagai Chef of The Year, dan penghargaan Bar of The Year yang disponsori oleh Hendricks Gin diberikan kepada 40 Thieves, sebuah bar yang intim dan bergaya speakeasy.

Jed Doble, Publisher of FoodieS Magazine didampingi Corine Tap, President Director DANONE – AQUA di sela-sela acara mengatakan ada lebih dari 7.100 tempat makan di Pulau Dewata, daftar tahun ini mengedepankan tempat-tempat makan luar biasa di tengah persaingan industri kuliner Bali yang beragam dan kian berkembang.

Dikatakan Jed, dalam lima tahun terakhir ini, terdapat pertumbuhan luar biasa pada industri kuliner di Bali. Selera konsumen menjadi semakin tajam dan peka, para pengusaha tempat makan pun marak mendirikan tempat dan menu makanan untuk menandingi tempat makan terkemuka lainnya dengan menyajikan makanan kelas internasional dan memanjakan “foodie culture”. Selain itu bentuk penghargaan kelas dunia yang etis dan bersifat objektif telah membentuk selera para konsumen dan menginspirasi para koki dan pengusaha tempat makan.

Jed mengatakan dunia kuliner dan restoran akan terus berkembang. Begitu pula Bali’s Best Eats Awards semangat untuk menjadi bagian dalam perkembangan tersebut. Dengan perkembangan yang makin marak, pertumbuhan bisnis restoran dan munculnya koki-koki bersama konsep dan ide baru, merupakan salah satu hal yang menarik untuk terus dipantau.

Baca Juga :   Didukung 18.827 Nasabah, Aset Bank Pasar Bangli Mencapai Rp 287,3 Miliar Lebih

“Kami mempertahankan esensi dari Bali’s Best Eats Award yang mendukung kreatifitas dan keberhasilan kuliner, mendorong standar lokal menjadi lebih tinggi dan membantu memastikan agar 40 restoran terbaik ini selalu penuh setiap malam,” jelas Jed. Métis mempertahankan tempatnya sebagai salah satu pemenang kategori Best Fine Dining, dan kembali mengklaim penghargaan tertinggi sebagai Restaurant of The Year tahun 2019. Dipimpin oleh Executive Chef Nicolas “Doudou” Tourneville dan Direktur Pengelola Said Alem, Restoran Prancis-Mediterania modern ini menawarkan pelayanan tanpa cela dan pengalaman bersantap yang memanjakan panca indra.

Sementara Agung Gede, chef kelahiran Bali yang telah memajukan perkembangan departemen kuliner di The St. Regis Bali Resort, terutama di restoran mereka, Kayuputi dinobatkan sebagai Chef of The Year tahun 2019. Belum lama ini, ia juga dinobatkan sebagai Champion Of Masters di World Chefs Battlefield 2019. Dengan keahliannya, Agung bekerja dengan berbagai bahan masakan yang dikombinasikan untuk menciptakan pengalaman gastronomi yang unik, dalam pendekatan yang sederhana namun elegan.

40 Thieves, sebuah bar speakeasy 1920 ala New York yang telah memiliki penggemar setia sejak pembukaannya di tahun 2017, dinobatkan sebagai Bar of The Year tahun 2019 — dipersembahkan oleh Hendrick’s Gin. 40 Thieves menetapkan standar baru di Bali untuk para tamu yang mencari koktail dan minuman artisanal, lengkap dengan pelayanan dan keramahtamahan yang memukau.

Penilaian Bali’s Best Eats

Menurut Jed, Bali’s Best Eats telah menetapkan sejumlah panel yang terdiri dari para ahli dengan keahlian khusus dan latar belakang yang berbeda-beda guna memastikan terjadinya proses penilaian yang terpercaya, murni, dan etis. Para juri terdiri dari Janet de Neefe – Founder Ubud Food Festival, Maya Kerthayasa – Food & Lifestyle Writer,
Dorian Pryce – F&B Professional, Pierre Lang – Gourmand and Hotelier, Rinrin Marinka – Celebrity Chef, Jed Doble – Publisher, FoodieS Magazine, Sarah Dougherty –Food & Lifestyle Writer, Yuda Bustara – Celebrity Chef dan Corine Tap – President Director PT. Tirta Investama (Danone-AQUA).

Baca Juga :   Rizki Ernadi: Prospek Ekonomi Belum Optimal, Bank Masih Hati-hati Salurkan Kredit

Untuk kategori restoran dibagi ke dalam tiga yakni Fine Dining – tempat makan yang akan mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja. Upscale Dining – tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut dan Casual Dining –tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua.

Porsi penilaian, tambah Jed yakni 50% -Makanan, berdasarkan rasa, kreativitas dan eksekusi, 20% -Kualitas pelayanan, 20% -Menu minuman atau daftar wine dan 10% -Desain interior atau karakter. Para juri mendasarkan keputusan mereka sesuai dengan kriteria di atas. Tahun ini, selain penilaian dari dewan juri, Jakarta’s Best Eats akan membentuk tim

Chefs Academy yang akan menjadi panel voting. Terdiri dari chef-chef terkemuka di Jakarta, dan suara mereka akan menentukan keputusan final dari penilaian yang akan membentuk hasil akhir dari daftar Best Eats. Chefs Academy akan memberikan sebuah pandangan baru dan sampel suara pakar yang lebih luas. List of Winners yaitu Restaurant of the Year MÉTIS, Chef of the Year Agung Gede Bar of the Year – Presented by Hendricks Gin
40 THIEVES.

Fine Dining: Tempat makan yang mengerahkan upaya luar biasa untuk mencapai kesempurnaan rasa, presentasi, kreativitas, pelayanan, dan penataan meja. 1. Apéritif, 2. Bikini,3. Blanco Par Mandif, 4. Cuca, 5. Locavore6. Kayuputi, 7. Métis, 8. Mozaic, 9. Room 4 Dessert dan 10. Sardine.

Upmarket Venue: Tempat makan yang tanpa lelah berupaya menyediakan pengalaman makan dengan konsep yang unik dan cerdas di tengah suasana yang menyambut.1. Barbacoa,2. Bejana, 3. Billy Ho, 4. Chez Gado Gado, 5. Ijen – new, 6. Indigo, 7. Kaum, 8. Kilo,9. La Lucciola, 10. Mama San,
11. Manarai Beach House,12. Mauri,13. Merah Putih,14. Nusantara by Locavore, 15. Sake No Hana,16. Sangsaka, 17. Seasalt, 18. Starfish Bloo, 19. The Plantation Grill dan 20. The Sayan House.

Baca Juga :   Bupati Jembrana Langsung Coba Sepeda Motor Listrik Bantuan PLN

Casual Dining: Tempat makan yang melebihi lainnya dalam menawarkan makanan dan minuman yang bertema santai, hidup, dan sangat mudah diterima oleh semua. 1. Biku, 2. Fishbone Local, 3. Ginger Moon, 4. Mason, 5. Milk & Madu, 6. Musubi,7. Naughty Nuri’s, 8. LalaBistronomy,
9. Sisterfields dan 10. Watercress.

“Live Your Finest Reflections” adalah sebuah kampanye AQUA Reflections yang mengajak masyarakat luas untuk memberikan yang terbaik dalam hidup sebagai gaya hidup sehari-hari. Bukan sekedar pernyataan yang bisa diacuhkan. Melalui wadah ini, AQUA Reflections juga mengambil langkah-langkah untuk mengapresiasi tokoh inspirasional Indonesia dalam bidang mode busana, gaya hidup, seni, dan industri kuliner.

Untuk kedua kalinya mempersembahkan Bali’s Best Eats Awards merupakan sebuah langkah nyata dari AQUA Reflections untuk mengapresiasi dan mendukung bakat-bakat industri kuliner lokal. “Ini adalah komitmen kami untuk mendukung meningkatkan pengalaman bersantap di Indonesia dan untuk berkolaborasi dalam mendorong standard kualitas industry kuliner di Indonesia. Kami berharap agar Bali’s Best Eats akan memotivasi industri kuliner dan bakat-bakat di Bali, untuk berpacu dalam memberikan penawaran dan pengalaman bersantap menuju tingkat yang lebih luas dan tinggi di tempat mereka,” jelas Ethan Lim, Vice President Marketing Danone AQUA. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar