BMPD Bali Bantu Sembako dan APD, Bupati Karangasem: Puluhan Ribu Warga Masih Butuh Bantuan

(Dutabalinews.com),Bupati Karangasem IGA Mas Sumatri menegaskan ada sekitar 113 ribu warganya yang sangat memerlukan bantuan akibat terdampak Covid-19 ini.

“Kami sudah menyiapkan bantuan dari APBD namun baru bisa menjangkau sekitar 80-an warga. Karena itu masih ada puluhan warga lain yang perlu dibantu. Kami sangat berterima kasih kepada BMPD Bali yang turut peduli membantu warga,” ujar Mas Sumatri di sela-sela menerima bantuan ratusan paket sembako dan APD berupa masker, sepatu boots, wastafel, dll, oleh Badan Musyawarah Perbankan Daerah (BMPD) Provinsi Bali Jumat (8/5/2020) di halaman Kantor Bupati setempat.

Hadir dalam penyerahan bantuan Anggota Komisi XI DPR RI IGA Rai Wirajaya, Kepala BMPD Bali yang juga KPw BI Provinsi Bali Trisno Nugroho dan pengurus BMPD lainnya. Menurut Trisno Nugroho bantuan sembako dan APD ini menyasar semua kabupaten di Bali. “Tinggal Kabupaten Tabanan yang belum dan segera kami laksanakan,” jelasnya.

Dikatakan Mas Sumatri yang paling mendesak dan sangat dibutuhkan warganya yakni sembako dan masker. Karena itu ia berharap adanya pihak-pihak yang peduli memberi bantuan bagi warga. Ia juga menjelaskan pihaknya mendorong dan mengedukasi warga agar memanfaatkan lahan pekarangan yang ada untuk diisi tanaman yang berguna seperti sayuran dan empon-empon untuk menambah penghasilan.

Baca Juga :   Pertahankan Opini WTP Delapan Kali Berturut-Turut, Pemkot Denpasar Raih Penghargaan Dari Kementerian Keuangan RI

Ditanya soal warganya yang bekerja di luar negeri sebagai Pekerja Migran Indonesia (PMI) dijelaskan ada sekitar 3 ribu orang. Para PMI ini secara bertahap sudah kembali ke kampung halamannya. “Sudah sekitar 300-an yang kembali dan sisanya masih di perjalanan pulang,” ujar Mas Sumatri.

Diakui pada awalnya sempat ada penolakan dari warga termasuk hotel terkait kedatangan PMI ini karena khawatir Covid-19. Namun setelah diberi penjelasan, akhirnya warga bisa memahami.

“PMI kan bukan orang sakit, mereka ini juga sudah menjalani pemeriksaan dan hasilnya negatif. Semua hotel juga kami wajibkan menampung PMI,” tegas Mas Sumatri seraya berharap Covid-19 ini segera berlalu dan tak ada warganya jadi korban.

Sebagaimana diketahui BMPD Bali sebelumnya telah menyerahkan bantuan APD (Alat Pelindung Diri) dan paket sembako di Denpasar, Klungkung, Gianyar, Buleleng, Jembrana dan Bangli serta Kabupaten Karangasem, Jumat (8/5/2020). Bantuan yang dikemas dalam “Dedikasi Untuk Negeri” ini antara lain berupa APD seperti masker, sepatu boots, kacamata, wastafel juga ada bantuan ratusan paket sembako. (bas)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar