Undiksha Berbagi Sembako kepada Lansia dan Disabilitas

(Dutabalinews.com),Gerakan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk berbagi di tengah pandemi Covid-19 terus berlanjut. Senin (1/6/2020), kegiatan tersebut menyasar warga di Desa Banyuseri, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Sejumlah paket sembako diserahkan Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd. bersama Wakil Rektor, Kepala Biro, Dekan dan Wakil Dekan. Bantuan tersebut disalurkan untuk masyarakat yang kurang mampu. Beberapa di antaranya merupakan warga lanjut usia dan penyandang disabilitas. Kegiatan yang berlangsung kali kesekian ini juga sebagai rangkaian memperingati Hari Lahir Pancasila.

Rektor Undiksha Prof. Jampel menjelaskan pandemi Covid-19 telah memberikan dampak pada masyarakat. Banyak yang kehilangan pekerjaan maupun kehilangan sumber penghasilan. Oleh sebab itu, gerakan berbagi perlu dilakukan. “Memang bantuan yang kita diberikan tidak seberapa. Bantuan berupa sembako. Tetapi ini upaya Undiksha untuk meringankan beban masyarakat,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, dana pengadaan bantuan tersebut merupakan uluran tangan dari civitas akademika Undiksha. Supaya penyaluran bantuan tepat sasaran, Undiksha bersinergi dengan Kodim 1609/Buleleng untuk melakukan pemetaan. “Sehingga bagaimana dan apa yang kita berikan ke desa sudah sesuai kajian. Kita tidak hanya memberikan tanpa makna. Kita betul-betul ingin memberikan bantuan itu agar bermanfaat, agar berguna, sehingga kita harus berikan kepada yang tepat,” kata Jampel.

Baca Juga :   3 Materi Pelajaran Olahraga untuk Jaga Kebugaran Murid Meski #DiRumahAja

Perbekel Desa Banyuseri, Nyoman Sukadana mengapresiasi gerakan yang dilakukan Undiksha. “Dari awal kami sudah diberikan wastafel, dan sembako. Artinya kepedulian Undiksha sangat luar biasa. Kalau masalah dampak Covid, sangat berdampak pada warga, terlebih yang ekonominya menengah ke bawah,” ucapnya.

Selain di Desa Banyuseri, bantuan juga rencananya disalurkan untuk warga di Desa Pedawa, Kecamatan Banjar maupun desa lainnya yang diawali dengan pendataan. Sebelumya Gerakan Undiksha berbagi telah menyasar sejumlah warga yang ada di wilayah Kabupaten Buleleng.
Selain itu juga disumbangkan wastafel di sejumlah lokasi dan alat pelindung diri untuk tenaga medis. Selain di tengah pandemi, Undiksha sebagai institusi akademik juga merancang program pasca Covid-19. Beberapa diantaranya berupa bimbingan belajar bagi guru dan siswa yang mengalami keterlambatan pembelajaran akibat belum terbiasa menggunakan online learning, memberikan bantuan untuk pembangunan mental psikologis untuk dan pendekatan sosial dalam upaya membangkitkan semangat bekerja. (hms)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar