Menko Perekonomian: Pemerintah Memerlukan Strategi dan Upaya Keras Menangani Pandemi dan Memulihkan Ekonomi Nasional

(Dutabalinews.com),Pemerintah memerlukan strategi dan upaya keras dalam menangani pandemi dan memulihkan ekonomi nasional dengan memastikan kebijakan di aspek kesehatan maupun ekonomi berjalan beriringan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan alokasi anggaran Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) sebesar Rp699,4 triliun di tahun 2021, program vaksinasi, dan PPKM Mikro menjadi perhatian utama pemerintah.

Airlangga menjelaskan, anggaran PC-PEN untuk program kesehatan dan perlindungan sosial difokuskan pada pemeliharaan kesehatan dan daya beli masyarakat kelas menengah ke bawah.

Sementara itu, dukungan UMKM dan pembiayaan perusahaan, serta insentif bisnis diperuntukkan menjaga kelangsungan bisnis selama pandemi. Lalu anggaran untuk program prioritas diharapkan dapat mendorong penciptaan lapangan kerja.

Pemerintah juga melakukan upaya peningkatan investasi salah satunya melalui penerapan UU Cipta Kerja. “UU ini akan menyederhanakan, menyinkronkan, dan mengefektifkan peraturan yang seringkali menghambat kegiatan bisnis Indonesia,” jelasnya, Kamis (26/3).

Saat ini total ada 201 proyek dan 10 program yang memiliki nilai investasi lebih dari Rp 4,817 triliun. Pembangunan infrastruktur melalui PSN ini akan membantu pemerataan ekonomi di seluruh wilayah Indonesia serta meningkatkan investasi. (Ist)

Baca Juga :   Lagi Tujuh Pasien Covid-19 di Bali Meninggal, Total Capai 229 Orang

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar