​Undiksha Jadi “Host” Pertemuan FKP2TN, Bangun Sinergi Kembangkan Perpustakaan

(Dutabalinews.com),Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) dipercaya sebagai tuan rumah pertemuan Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN), Rabu (28/9/2022). Pertemuan ini sekaligus diisi dengan rapat kerja nasional dan seminar nasional.

Rapat kerja yang berlangsung di Hotel Sunari, Lovina, Kabupaten Buleleng membahas tentang program kerja bidang pengembangan perpustakaan dan pemilihan pengurus. Sedangkan untuk seminar nasional, menghadirkan tiga narasumber, yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T. M.T.I., Kepala Perpustakaan ITS, Edy Suprayitno, S.S. M.Hum., dan dari Universitas Gadjah Mada, Ida Fadjar Priyanto, Ph.D.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Buleleng, Made Era Oktarini, S.TP.,M.M. Pada kesempatan ia mengharapkan melalui pertemuan ini dapat dilahirkan ide maupun gagasan inovatif dalam pengelolaan perpustakaan, salah satunya dengan berbasis teknologi. Menurutnya, di era kini, pengelolaan perpustakaan tidak lagi cukup dengan cara konvensional. “Pengelolaan perpustakaan berbasis digital sangat perlu dilakukan dalam rangka meningkatkan akses pelayanan,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Wakil Rektor Undiksha, Rasben Dantes yang dikonfirmasi usai memberikan materi. Menurutnya, Forum Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri ini merupakan salah satu unit yang memiliki peran strategis dalam upaya pengembangan perpustakaan ke depan. Oleh karenanya diharapkan dapat saling menguatkan pengelolaan perpustakaan masing-masing perguruan tinggi.

“Saya melihat bahwa perpustakaan di perguruan tinggi adalah hal yang sangat vital, kita bisa memberikan pengetahuan, memberikan ilmu, keterampilan kepada civitas akademika. Ke depan, kita berharap bahwa perpustakaan masing-masing peeguruan tinggi ini menjadi icon dan juga fasilitasnya terus meningkat, khususnya di Undiksha,” ungkapnya.

Dikatakan lebih lanjut, fungsi perpustakaan kini tidak lagi hanya sebagai tempat menyimpan buku. Tetapi telah bertransformasi dengan fungsi yang semakin kompleks, seperti tempat berdiskusi, tempat mengakses digital resources, baik jurnal, e-book, dan sebagainya. Dalam rangka memaksimalkan pelayanan tersebut, perlu ada kolaborasi antarperguruan tinggi maupun pihak lain terkait. Salah satu hal yang diharapkan oleh Rasben Dantes adalah forum Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri ini dapat membentuk konsorsium.

Baca Juga :   Pawai PKB, Mahasiswa ITB STIKOM Bali Pukau Mendagri dan Menparekraf

Ketua Panitia, Dr. Made Hery Wihardika Griadhi, S.H, M.Si., juga menyebutkan pelaksanakan pertemuan ini juga mendapatkan dukungan dari pihak swasta yang bergerak dalam bidang percetakan dan e-resources. Melalui hal ini, diharapkan nantinya juga dapat terbangun kolaborasi dalam meningkatkan pelayanan perpustakaan, termasuk pembentukan konsorsium dalam rangka memperkaya e-resources. Selain Rakornas dan seminar, Kamis (29/9/2022), pengurus Forum Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri beserta anggota juga berkunjung ke Perpustakaan Undiksha sekaligus untuk mengenal tentang pengelolaan dan sebagainya. (hms)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar