Pendidikan & Olahraga

​Dua Prodi Ilmu Administrasi UNBI Perdalam Kompetensi Siswa SMK Bali Dewata Lewat Pelatihan

(Dutabalinews.com),Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dinilai sudah siap memasuki dunia kerja. Saat duduk di bangku SMK, para siswa telah dibekali sejumlah kompetensi yang memadai.

Untuk memperdalam kompetensi yang telah dimiliki para siswa, Program Studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Administrasi Niaga, Universitas Bali Internasional (UNBI) menggelar pelatihan dan sosialisasi strategi memasuki dunia kerja di SMK Bali Dewata Denpasar. Pelatihan diberikan selama 3 hari, pada Senin (6/2) hingga Rabu (8/2).

Kegiatan diikuti oleh puluhan siswa jurusan akomodasi perhotelan, jasa boga dan multimedia Sebagai narasumber pelatihan yakni dosen ilmu administrasi negara, I Putu Dedy Rimbawan, S.Si., M.A.P. dan didampingi juga oleh Ni Made Hintya Mahayani, S.E., M.A.P, selaku Plt Kordinator Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Made Dewi Wahyuni, S.Sos., M.A.P dan Anik Nurhaeni, S.Pd., M.M selaku dosen Ilmu Administrasi Negara. Dalam pemaparannya Dedy menjelaskan tentang analisa SWOT dalam memasuki dunia kerja.

SWOT terdiri dari strengths (Kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang) dan threats (ancaman). Para siswa nampak antusias mengikuti kegiatan pelatihan dan sosialisasi yang diberikan oleh mantan pejabat struktural PMI Bali ini. Untuk mencairkan suasana, jelang berakhirnya pelatihan diisi dengan kuis. Bagi siswa yang paling benar menjawab soal disediakan beragam hadiah menarik dari para dosen UNBI.

D sisi lain, Prodi ilmu administrasi niaga UNBI memberikan pelatihan tentang keuangan dan marketing. Pada hari pertama dan kedua, disampaikan materi mengenai pengelolaan keuangan berbasis digital bagi para siswa jurusan akuntansi oleh 2 dosen, yakni Anak Agung Ayu Intan Wulandari, S.E., M.Acc., Akt., A-CPA dan Gita Apsari Dewi, S.E., M.Acc., Akt., A-CPA. Didampingi Dewa Gde Yoga permana, S.E., M.M. selaku Plt. Kordinator Program studi Ilmu Administrasi Niaga selanjutnya pada hari ketiga, para siswa dilatih bagaimana cara memasarkan produk secara efektif, baik melalui market place maupun media sosial.

Selain itu juga diberikan pemahaman tentang pentingnya pengembangan produk. Pelatihan diberikan kepada 40 siswa jurusan jasa boga di ruang praktek sekolah setempat. Adapun penyampaian materi dilakukan oleh 2 dosen administrasi niaga yakni Komang Tri Werthi, SE.,MM dan AA Gde Agung Nanda Perwira, SE.,MM. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan SMK Bali Dewata, Gede Indra Wahyudi, Amd.Kep., SH. menyambut positif kegiatan pelatihan dan sosialisasi yang diberikan Prodi Administrasi Negara dan Prodi Administrasi Niaga UNBI.

Baca Juga :   PPDB 2024/2025, SMKN 3 Denpasar Siapkan 14 Rombel

“Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkelanjutan, karena bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi siswa,” tuturnya, disela-sela acara, Rabu (8/2). Untuk diketahui, jumlah siswa di SMK Bali Dewata adalah 836 orang, yang tertampung dalam 5 jurusan, di antaranya akomodasi perhotelan, tata boga, multimedia, teknik komputer jaringan, dan akuntansi. Peminat yang paling banyak adalah jurusan akuntansi, yang berjumlah 3 kelas. (ist)

Berikan Komentar