Pendidikan & Olahraga

Sinergi Pendidikan: SHEP Astra Motor Bali dan SMK Negeri 2 Negara untuk Masa Depan Vokasi

(Dutabalinews.com), Astra Motor Bali melalui SHEP (Satu Hati Education Program) kembali menjalankan kerjasama yang selama ini sudah terjalin. Bentuk dukungan dan kerjasama yang dilakukan adalah untuk kelulusan serta mengukur tingkat penguasaan siswa kualitas anak didik di SMK mitra binaan. Melalui tim Technical Training (TTR), Astra Motor Bali menjadi bagian dalam pelaksanaan kegiatan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) yakni sebagai penguji eksternal bagi siswa Teknik Sepeda Motor (TSM) kelas XII di SMK Negeri 2 Negara pada 3 Mei 2024.

Dalam proses pengujian UKK ini, sebanyak 64 siswa dinilai berdasarkan ilmu yang sudah didapatkan selama ini untuk mengukur kemampuan siswa dalam merawat dan memperbaiki sepeda motor dengan standar dunia industri.

Made Putra Astika dari Technical Training (TTR) Astra Motor Bali, disela-sela pengujian bersama dengan Penguji dari kepala bengkel AHASS PT. NSS Negara, menyebutkan sebagai penguji eksternal harus sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh PT Astra Honda Motor. Mereka juga bertanggung jawab untuk mengevaluasi program pembelajaran dan memberikan umpan balik untuk membantu meningkatkan kualitas serta menilai kemampuan siswa dalam teknik sepeda motor. Materi uji yang dinilai meliputi Service standar sepeda motor Honda seperti praktek meja dengan materi tekanan bahan bakar, Smartkey, CBS, dan Front Fork. Perbaikan dan pemeriksaan sistem pengereman, sistem transmisi otomatis (CVT), sistem Karburator, sistem Suspensi, dan sistem pengisian baterai.

Achmad Wahyudi Irmono selaku SHEP Manager Astra Motor Bali, mengatakan selaras dengan program Sinergi Bagi Negeri yang mana sebagai Main Dealer sepeda motor Honda di wilayah Bali dan selaku pembina SMK Negeri 2 Negara selalu mendukung kegiatan UKK untuk sekolah binaan. Pengembangan pendidikan vokasi industri sesuai arahan AHM yang telah mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM) Astra Honda di SMK mitra binaan. Hal ini untuk memastikan materi ajar tersampaikan dengan baik.

“Dengan dukungan sebagai guru penguji, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan vokasi dan mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja. Memberikan kontribusi dalam dunia pendidikan di Uji Kompetensi Keahlian (UKK) ini merupakan penilaian untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik. Disamping itu, sebagai tim penguji eksternal sekolah dan sebagai penguji dari dunia industri kami berharap melalui UKK ini bisa mengevaluasi program pembelajaran dan menjadi bagian dari penerapan kurikulum TBSM dan Uji kompetensi keahlian ini merupakan syarat ujian nasional,” ungkap Awi.

Baca Juga :   STAHN Mpu Kuturan Dukung Event Road to Indonesia Digital Conference

Kepala SMK Negeri 2 Negara, I Putu Lendi Adi Candra menyampaikan, “Terima kasih atas dukungan dari Main Dealer Astra Motor Bali yang telah bersedia sebagai guru penguji tentunya akan memberikan nilai tambah bagi siswa tidak hanya itu saja juga sebagai langkah penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan vokasi serta mengevaluasi hasil pembelajaran siswa kami untuk mempersiapkan siswa untuk memasuki dunia kerja,” ungkapnya. (ist)

Berikan Komentar