​CSR The Patra Bali: Peduli Pendidikan, Kesehatan, Lingkungan dan Keagamaan

(Dutabalinewscom),The Patra Bali Resort & Villas yang merupakan salah satu unit kerja PT Patra Jasa (anak perusahan PT Pertamina) di daerah tujuan wisata Bali rutin melaksanakan program Corporate Social Responsibility (CSR).

Hal ini untuk menciptakan hubungan yang harmonis antara perusahaan dan masyarakat sebagai stakeholder dengan ruang lingkup, pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan masyarakat, sarana juga prasarana umum, dan bencana alam, serta keagamaan.

Merujuk pada surat yang diterbitkan Panitia BUMN CSR Award Tahun 2023 mengenai permohonan audensi Tim Penilai CSR Award kepada Pimpinan atau bagian yang menangani CSR dari perusahaan guna mengapresiasi lembaga BUMN Provinsi Bali, maka pihak The Patra Bali Resort & Villas mengadakan sosialisasi, wawancara site visit dengan pejabat terkait pelaksanaan dan nominasi CSR BUMN di Jembrana Room, The Patra Bali Resort & Villas, Tuban, Kabupaten Badung, Jumat (17/11).

Penilaian ini dihadiri 6 anggota Tim Penilai BUMN CSR Award yang langsung dipimpin Ketua Panitia Ni Luh Indiani, SE, MM, didampingi Dr Ni Made Yudhaningsih, SE, MM, Drs. Nyoman Gede Supraptha,MM, Ni Wayan Ari Sudiartini,SE,MSi, Ni Putu Andini Desiyanti Laksmi,SS, MHum, dan Made Winda,SE, MM.

Kedatangan Tim Penilai BUMN CSR Award tersebut disambut hangat oleh Irawati selalu Executive Assistant Manager) beserta beberapa Departement Head yang juga pejabat teras The Patra Bali Resort & Villas di antaranya, Kadek Dewi Wirati (Quality Assurance Manager/Ketua CSR), Wayan Eka Putra Adnyana (Human Resources Managerl), Agung Mirah (HR Admin/Sekretaris), IA Andikawati Manuaba (Room Division Manager), dan Koming Miharsini (Training Manager).
Menurut Irawati, The Patra Bali Resort & Villas selalu menerapkan prinsip-prinsip Corporate Social Responsibility (CSR) yang mengacu pada ISO 26000, yakni menerjemahkan tanggung jawab sosial sebagai tanggung jawab suatu organisasi atas dampak dari keputusan dan aktivitasnya terhadap masyarakat dan lingkungan.
Melalui perilaku yang transparan dan etis, konsisten dengan pembangunan berkelanjutan dan kesejahteraan masyarakat, memperhatikan kepentingan dari para stakeholder. Sesuai hukum yang berlaku dan konsisten dengan norma-norma internasional dan terintegrasi di seluruh aktivitas organisasi, dalam pengertian ini meliputi kegiatan, produk maupun jasa.

Baca Juga :   Festival Harpelnas Berbagi Tali Kasih “Satu Hati Penuh Arti”  Bersama Komunitas HAI Bali

Kadek Dewi Wirati menjelaskan, hal ini bertujuan untuk memberikan kepedulian terhadap lingkungan serta komunitas di sekitarnya ataupun masyarakat luas secara berkesinambungan dan berkelanjutan.

Kegiatan sosial yang dilakukan oleh pihak The Patra Bali Resort & Villas bukan untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat ataupun lembaga survey, namun merupakan bentuk rasa syukur dari perusahaan yang hadir sejak 46 tahun silam ini atas pencapaian selama beroperasi.

Selama ini The Patra Bali rutin memberikan CSR ke lingkungan dan wilayah area hotel seperti, supply air bersih untuk Pura Celuk Waru, Pantai Nelayan dan Banjar Segara, juga supply listrik, pelaksanaan dan penyediaan sarana upacara persembahyangan di lingkungan The Patra Bali.

Juga bekerja sama dengan seniman lokal di sekitar hotel untuk menyelenggarakan pertunjukan Rindik dan Tari Ramayana, menggelar aksi sosial berupa donor darah setiap 4 bulan, dan mempekerjakan 2 orang tenaga kerja difable.

Termasuk melakukan penyerahan dana Piodalan untuk Pura Dalem Tanjung Pikatan dan Pura Celuk Waru Br Segara, Kuta, turut mendukung acsra Buka Puasa Bersama dengan seluruh umat Muslim di Mesjid Al-Ihklas Angkasa Pura, Kuta. Tanggung Jawab Sosial Lingkungan selanjutnya dilaksanakan pada saat menjelang bulan Ramadhan yang dilaksanakan ke Panti Asuhan Darul Fallah Pemogan, Denpasar.

Juga pemberian dana bantuan untuk Desa Adat Kuta, dan rutin berbagi kebahagiaan saat peringatan HUT The Patra Bali Resort & Villas, serta  melakukan donasi berupa sembako untuk sejumlah keluarga yang tidak mampu dan pra sejahtera di daerah Ketewel, Gianyar. Pengadaan beberapa unit laptop dan alat bantu dengar serta alat-alat tulis dan kerja untuk siswa tuna rungu SLBB Susrusha, Denpasar, untuk keberlanjutan pendidikan para siswa yang berkebutuhan khusus, serta pemberian bantuan sejumlah thumbler kepada para siswa SLB Negeri 1 Badung.

Made Yudhaningsih menambahkan, kegiatan yang digelar sejak 2018 tersebut, untuk tahun ini diikuti 22 perusahaan BUMN yang tersebar di Bsli, dan dilakukan penilaian mulai Agustus hingga pertengahan November 2023. Kedatangan Tim Penilai BUMN CSR Award tersebut untuk mengkonfirmasi keberlangsungan kegiatan dengan harapan program tersebut, bisa diketahui dan dirasakan kebermanfaatannya oleh masyarakat serta tepat sasaran.

Baca Juga :   Program CSR Bidang Kesehatan, Astra Motor Bali Fasilitasi Posyandu Br. Margajati

Pihaknya mengapresiasi berbagai aktivitas dan kegiatan inspiratif, inovatif, dan kreatif yang diterapkan The Patra Bali yang memiliki program cukup mengena, sesuai 6 aspek yang dinilai meliputi, ekonomi, sosial, lingkungan, media sosial, hospitality, hukum, yang berjalan secara kontinyu dan berkelanjutan, sehingga kelak bisa mendapatkan award seperri tahun-tahun sebelumnya. (ist)

Mungkin Anda Menyukai

Berikan Komentar