Sosial & Seni

Keselamatan Berkendara: Strategi NURULS Saat Melintasi Persimpangan

(Dutabalinews.com), Di jalan raya, seringkali kita menemui persimpangan baik simpang tiga maupun empat. Pada beberapa persimpangan, terdapat rambu-rambu yang patut diketahui untuk meminimkan risiko kecelakaan. Penting untuk memahami cara dan etika berkendara di persimpangan, mengingat masih sering terjadi kesalahpahaman pengendara yang akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan, kemacetan, bahkan pertikaian. Oleh karena itu, penting bagi setiap pengendara memiliki kesadaran dan pemahaman berkendara yang baik dan benar, sehingga tercipta atmosfir #Cari_Aman.

Yosepth Klaudius, Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, secara konsisten membagikan tips terkait keselamatan berkendara. Berikut adalah tips berbelok di persimpangan dengan metode NURULS:

  1. Nyalakan Lampu Sein: Sebelum berbelok di posisi pertigaan atau perempatan, siapkan diri dengan menyalakan lampu sein baik untuk belok ke kiri maupun ke kanan. Ini membantu mengkomunikasikan arah tujuan kepada kendaraan di belakang.
  2. Ubah Kecepatan: Saat mendekati persimpangan, pastikan kecepatan motor sudah dikurangi agar kendaraan dari arah berlawanan dapat terlihat dengan jelas. Hal ini memungkinkan untuk memprediksi bahaya di persimpangan.
  3. Rem Belakang: Saat berbelok, hindari pengereman mendadak atau menggunakan rem depan. Jangan standby dengan jari di rem karena dapat membingungkan pengendara di belakang.
  4. Ungkap Potensi Bahaya: Analisis dan prediksi potensi bahaya saat akan berbelok, gunakan naluri untuk membaca arah kendaraan lain. Hal ini menghindari perselisihan atau kesalahan saat berbelok.
  5. Lakukan Konfirmasi Aman: Selalu berhati-hati dan waspada saat berada di persimpangan, serta selalu menoleh untuk memastikan keamanan saat berbelok.
  6. Matikan Lampu Sein Setelah Berbelok: Setelah melewati tikungan, pastikan untuk mematikan lampu sein agar tidak membingungkan pengendara lain di belakang.

Selain memperhatikan teknik berkendara, perhatikan juga kondisi kendaraan untuk menghindari kecelakaan saat menikung. “Selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan motor secara rutin di bengkel AHASS terdekat untuk memastikan keselamatan berkendara dan selalu #Cari_Aman,” tutup Yoyo.

Berikan Komentar